Peradi Banten Seleksi 90 Calon Advokat

Batur Parisi    •    Minggu, 25 Oct 2015 10:43 WIB
pengadilan
Peradi Banten Seleksi 90 Calon Advokat
Calon pengacara mengikuti tes seleksi oleh Peradi Banten. (Metrotvnews.com/Batur Parisi)

Metrotvnews.com, Serang: Sedikitnya 90 calon pengacara se-Provinsi Banten mengikuti ujian profesi. Mereka harus mengantongi nilai minimal tujuh untuk lolos menjadi advokat. 

"Pesertanya berasal dari calon advokat se-Banten. Mulai dari kota dan kabupaten Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak, dan Tangerang," terang Agus Setiawan, Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Serang, di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Sabtu (23/10/2015).

Dengan penetapan Peradi Pusat, lanjut agus, peserta mesti meraih batas nilai kelulusan (passing grade) tujuh. "Dan peserta yang tidak lulus bisa mengikuti ujian tahun depan," ucap Agus.

Ia juga menegaskan, setelah lulus ujian profesi, mereka tidak bisa langsung beracara di pengadilan. Lantaran mesti mengikuti magang selama dua tahun. "Setelah beres magang, baru bisa disumpah dan sudah bisa beracara di pengadilan," terangnya.

Berdasarkan pantauan, peserta yang mengikuti ujian profesi tersebut berasal dari berbagai macam latar belakang. Mulai dari yang sudah bekerja di kantor advokat, mantan jaksa, pegawai pemerintah, bahkan wartawan pun ada yang menjadi peserta ujian.


(SAN)