Makanan yang Melancarkan Buang Air Besar

   •    Minggu, 25 Oct 2015 12:07 WIB
kesehatan
Makanan yang Melancarkan Buang Air Besar
Yoghurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan konsistensi dan frekuensi buang air besar (Foto:Telegraph)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sembelit (kesulitan buang air besar) disebabkan beberapa hal di antaranya, pola makan buruk, jarang olahraga, dan stres.

Pada kebanyakan kasus, sembelit dikarenakan kurangnya asupan serat.

Menurut Institute of Medicine, setiap orang harus mengonsumsi sekitar 38 gram serat per hari. Sayangnya, penelitian lain juga menunjukkan bahwa mayoritas penduduk Amerika hanya mengonsumsi 15 gram serat setiap hari.

Buang air besar tidak teratur tak boleh disepelekan. Untuk itu, segera santap makanan berikut untuk mengatasi sembelit.

1. Raspberry
Semua buah kaya serat, tapi buah raspberry punya serat lebih banyak. Secangkir minuman raspberry menawarkan sekitar 8 gram serat.

2. Kopi
Kopi merangsang kontraksi otot di usus besar sehingga buang air besar lebih lancar. Tapi, mengonsumsi kafein secara berlebih juga tidak baik karena akan membuat Anda diare. Untuk amannya, cukup minum dua cangkir kafein per hari.

3. Air
Dehidrasi merupakan salah satu alasan paling umum seseorang sembelit. Anda diharuskan minum banyak air sepanjang hari, apalagi ketika Anda sedang bekerja, porsi konsumsi air putih wajib diperbanyak.

4. Jeruk
Buah jeruk utuh mengandung 2 gram serat. Bila jeruk dijadikan jus, kandungan seratnya akan hilang. Oleh karena itu, sebuah studi yang dilakuan pada 2008 menganjurkan memakan langsung jeruk karena kandungan senyawa naringenin di dalamnya punya efek alami untuk melancarkan buang air besar.

5. Beras merah
Sebuah studi 2007 menemukan bahwa wanita Jepang yang makan nasi paling tidak 41 persen, menderita sembelit daripada yang menyantap beras merah. Di
sisi lain, para ahli cenderung berpendapat bahwa beras merah lebih sehat daripada putih karena mengandung lebih banyak vitamin B, mangan, besi, serat, dan asam lemak.

6. Bayam
Secangkir bayam rebus memiliki 4 gram serat dan magnesium 150 mg, serta mineral tinggi. Sembelit akan teratasi dengan mudah

7. Yoghurt
Probiotik dalam yoghurt dapat meningkatkan konsistensi dan frekuensi buang air besar. (Sumarni/Huffingtonpost)


(ROS)