Petani Jengkol di Lampung Sedang Panen Besar

   •    Minggu, 25 Oct 2015 15:15 WIB
petani
Petani Jengkol di Lampung Sedang Panen Besar
Ilustrasi. MI/BARY FATHAHILAH

Metrotvnews.com, Lampung Timur: Sejumlah petani pemilik pohon jengkol di Kabupaten Lampung Timur, Lampung mengatakan saat ini sedang panen jengkol.

Fauji petani di Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur, membenarkan saat ini para petani yang memiliki pohon jengkol di sejumlah wilayah Kabupaten Lampung Timur memang sedang panen jengkol.

Menurutnya, pada beberapa tempat saat ini sedang memanen jengkol itu, di antaranya di Kecamatan Labuhan Maringgai, Melinting, Jabung, Gunung Pelindung, dan beberapa daerah lainnya.

Fauji mengaku, dalam minggu ini dirinya baru saja memanen buah jengkol dan mendapatkan lima kuintal buah jengkol. Dia menyebutkan, saat ini harga buah jengkol di daerahnya dihargai Rp6.500 per kilogram (kg). Harga itu, kata Fauji, lebih rendah dari beberapa minggu yang lalu yang mencapai Rp12.500 per kg.

"Harganya sekarang turun, kemarin-kemarin awal oktober bisa mencapai Rp10.000 hingga Rp12.500 per kg, mungkin penurunan harga disebabkan karena sedang panen jengkol," katanya sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (25/10/2015).

Dia mengungkapkan, hasil panen buah jengkolnya dijual kepada pedagang setempat, dan para pedagang tersebut menjualnya lagi ke sejumlah pasar di wilayah Lampung Timur maupun dijual ke sejumlah pasar di Jakarta.

Menurut Fauji, buah jengkol asal Lampung itu dihargai tinggi oleh para pedagang di Jakarta. "Di Jakarta buah jengkol dijual eceran bisa mencapai Rp20.000 hingga Rp25.000 per kg," ujarnya.

Di Pasar Labuhan Maringgai saat ini buah jengkol dijual Rp8.000 per kg. Menurut para pedagang setempat, harga jengkol itu turun dari beberapa minggu sebelumnya karena pasokan yang cukup banyak saat panen jengkol sekarang ini.

Di Indonesia, masyarakat mengenal buah jengkol sebagai bahan pangan, dan sebagian masyarakat gemar mengonsumsi buah ini. Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae), buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua.



(SAW)