PM Tiongkok: Kerja Keras akan Angkat Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok

Arif Wicaksono    •    Minggu, 25 Oct 2015 15:50 WIB
tiongkok
PM Tiongkok: Kerja Keras akan Angkat Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok
Tiongkok. Dok: Bloomberg

Metrotvnews.com, Beijing: Perdana Menteri (PM) Tiongkok Li Keqiang, menjelaskan pertumbuhan ekonomi tak terlalu buruk dengan melihat perlambatan perekonomian global yang dialami negara panda tersebut.

Menurutnya, ada beberapa hal positif seperti kenaikan jumlah pekerja, kenaikan pengeluaran turis asing dan pertumbuhan yang cepat dari sektor jasa. 

“Kerja keras masyarakat baik dari kalangan atas dan bawah dan besarnya potensi ekonomi Tiongkok membuat kami yakin pertumbuhan ekonomi akan membaik dan bisa menghadapi kesulitan yang kita alami,” kata dia sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (25/10/2015).

Pemerintah tiongkok tampak mencoba menciptakan pertumbuhan ekonomi yang sehat dengan menggerakan sektor konsumsi. Hal ini tak lain karena Beijing membutuhkan pertumbuhan ekonomi sebesar tujuh persen selama lima tahun ke depan untuk mencapai tujuan pertumbuhan ekonmi dua kali lipat dari 2010 ke 2020.

Usaha ini dilakukan di tengah kejatuhan pasar saham dan ketidakpastian akibat devaluasi Yuan. Hal ini membuat para pengambil kebijakan meyakini kejatuhan ekonomi secara tiba –tiba dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan dan dapat menimbulkan gejala sistematik terhadap ketidakstabilan ekonomi. 



(SAW)