Saran APJI untuk Optimalkan Kuliner Indonesia

Andi Aisyah Lamboge    •    Minggu, 25 Oct 2015 16:39 WIB
kuliner
Saran APJI untuk Optimalkan Kuliner Indonesia
Pengurus APJI (Foto:Metrotvnews.com/Andi Aisyah L)

Metrotvnews.com, Makassar: Guna meningkatkan potensi kuliner khas Indonesia, APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia) menyarankan agar mal-mal tidak menarik biaya kepada gerai penyedia makanan Indonesia.

"Kalau bisa di mal-mal, gerai kuliner Indonesia harus digratiskan. Memang benar kalau kita pikirkan UMKM harus didukung. Mereka (pengusaha) punya mal-mal yang besar. Sementara, kuliner kita tidak disertakan, rasanya kok ya tidak pas. Ini tanah kita," jelas Ketua umum APJI Rahayu Setyawati dalam Rakernas APJI di Makassar, Sulawesi Selatan, yang diselenggarakan pada 21-23 Oktober 2015.

Realitas saat ini, di mal-mal lebih banyak gerai kuliner asal luar negeri. Restoran dengan basis Jepang, Korea, dan Amerika Serikat, gampang ditemui. Makanan asal Malaysia dan Thailand pun demikian.

Ayu meyakini sebanyak 75 persen pecinta makanan Indonesia adalah tuan rumah di negeri sendiri.
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dilaksanakan pada Desember 2015, harus dijadikan pemecut semangat kuliner Indonesia bersaing dengan negara lain.

"APJI optimistis bisa mengatasinya dari hulu ke hilir. Jadi, biar pun kuliner Melayu, misalnya Brunei, Malaysia, dan Thailand masuk Indonesia, jika standarisasi kita pangan terpenuhi, kita masih menang," paparnya.


(ROS)