Korsel Luncurkan Tembakan Peringatan, Korut Marah-Marah

Willy Haryono    •    Minggu, 25 Oct 2015 17:08 WIB
perang korea
Korsel Luncurkan Tembakan Peringatan, Korut Marah-Marah
Kapal patroli Korut berada di perairan dekat Gunung Kumgang, Korut, 1 September 2011. (Foto: AFP / GOH CHAI HIN)

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Selatan mengeluarkan tembakan peringatan ke arah kapal patroli Korea Utara yang melanggar garis perbatasan. 

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Korsel, kapal Korut terlihat saat Angkatan Laut Korsel sedang menggelar operasi perburuan kapal penangkap ikan Tiongkok yang kerap beraksi di pesisir barat. 

Setelah lima tembakan peringatan dikeluarkan, kapal patroli Korut berbalik arah dan kembali ke perairan negaranya tanpa menembak balik. 

Namun, Korut menyebut tembakan peringatan itu sebagai sesuatu yang tidak dapat diterima. "Insiden itu adalah provokasi militer yang serius," kata perwakilan pemerintah Korut, seperti dikutip AFP, Minggu (25/10/2015). 

"Penembakan yang dilakukan di siang bolong adalah provokasi yang disengaja untuk memicu konflik militer, dan kembali meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea," tulis pernyataan Komite Reunifikasi Damai Korea. 

"Provokasi militer Korsel adalah aksi berbahaya yang bertujuan membekukan atmosfer hubungan kedua negara yang sudah semakin membaik, dan juga benar-benar membuat proses implementasi perjanjian Utara-Selatan menjadi keluar jalur," sambung pernyataan itu. 

Pada Agustus, kedua Korea sepakat bekerja sama untuk menurunkan ketegangan dan menggelar reuni keluarga yang terpisah pascaperang. 

Reuni keluarga Korsel dan Korut, yang berlangsung antara 20-26 Oktober, saat ini sedang berjalan di resor Gunung Kumgang. 


(WIL)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA