Usai MotoGP Malaysia

Pedrosa Kecam Aksi Curang Rossi

Kautsar Halim    •    Minggu, 25 Oct 2015 20:08 WIB
motogpmotogp 2015
Pedrosa Kecam Aksi Curang Rossi
Pembalap tim Repsol Honda Dani Pedrosa merayakan kemenangan MotoGP Malaysia bersama pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (AP Photo/Joshua Paul)

Metrotvnews.com, Sepang: Pembalap tim Repsol Honda Dani Pedrosa mengaku kecewa dengan tindakan curang Valentino Rossi pada  MotoGP Malaysia, Minggu 25 Oktober. Saat itu, Rossi berhasil finis di posisi ketiga usai menendang rekan setim Pedrosa, Marc Marquez.

Rossi menendang sang juara bertahan hingga tersungkur ketika jalannya balapan menginjak lap ketujuh. Meski motornya tidak mengalami kerusakan parah, Marquez lebih memilih tidak melanjutkan balapan dan membiarkan Rossi merebut podium ketiga.

Pedrosa yang dominan di urutan awal sangat menyayangkan insiden itu terjadi. Menurutnya, persaingan Rossi dengan Marquez memang tidak bisa ditoleransi.

"Meski saya tidak terlibat langsung, aksi tersebut benar-benar tidak baik untuk kejuaraan dan para pembalap. Aksi itu tidak seharusnya terjadi pada akhir-akhir kejuaraan seperti sekarang ini," kata Pedrosa.

"Dari sudut pandang saya, duel Rossi dengan Marquez memang sudah terjadi sebelum balapan. Saya yakin, perang urat syaraf di antara mereka juga sudah memanas ketika sesi jumpa pers dan latihan bebas. tambahnya.

"Manuver yang dilakukan Marquez menurut saya sah-sah saja. Tapi, Valentino menginginkan balapan yang lebih tenang agar bisa mengamankan posisi dari Lorenzo yang sedang berada di urutan kedua klasemen sementara ini. Akan tetapi, Marc juga merupakan pembalap yang tidak ingin kehilangan podium. Dia selalu memiliki semangat juang yang tinggi dan memiliki kemampuan istimewa untuk menyalip lawannya," tutup Pedrosa.

Pedrosa sukses menjadi yang tercepat di Sirkuit Sepang setelah melahap 20 putaran lomba dengan total waktu 40 menit 37.691 detik. Torehan itu berselisih 3.612 detik dengan pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo yang finis di urutan kedua dan 13.724 detik dengan  Rossi yang berada di podium ketiga. (crash)

 


(HIL)