Teknologi Otomotif

Bukti Hasil Studi, Hands Free Bisa Mengganggu Pengemudi

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 26 Oct 2015 08:13 WIB
teknologi otomotif
Bukti Hasil Studi, <i>Hands Free</i> Bisa Mengganggu Pengemudi
Bukti hasil studi, hands free berpotensi mengganggu pengemudi saat berkendara. Autoguide

Metrotvnews.com: Teknologi hands free yang dirancang untuk membantu dan menjaga pengemudi tetap aman saat berkendara, ternyata berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan AAA Foundation for Traffic Safety, menemukan gangguan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan dan bisa terjadi dalam waktu 27 detik, yakni pada saat menerima atau melakukan panggilan, mendengarkan musik, serta mengirim pesan teks dengan perintah suara.

Studi ini juga menunjukkan bahwa teknologi baru hands freel bisa mengalihkan perhatian pengemudi, bahkan saat pandangan mata melihat ke arah jalan dan posisi tangan memegang setir.

Jika diukur, tempo 27 detik dengan melaju pada kecepatan 40 km per jam, sama dengan menempuh hampir tiga kali panjang lapangan sepak bola. Hands free juga masih bisa mengganggu selama lebih dari 15 detik setelah selesai penggunaan.

Untuk mendapatkan hasil ini, peneliti membandingkan teknologi hands free pada 10 kendaraan keluaran 2015, dengan tiga jenis smartphone. Semua sistem yang diteliti menunjukkan peningkatan gangguan yang berpotensi membahayakan pengemudi.

Sistem yang punya kinerja terbaik adalah Chevrolet Equinox, dengan hasil rating gangguan kognitif 2,4. Sistem yang dianggap kurang baik ditemukan di Mazda6 dengan rating gangguan kognitif 4.6. Diantara smartphone, Google Now punya kinerja terbaik dengan rating gangguan 3.0, sedangkan Apple Siri dan Microsoft Cortana diangap punya kinerja yang kurang baik dengan rating gangguan 3,4 dan 3,8.

"Efek yang berlangsung dari gangguan hands free ini menimbulkan bahaya yang tersembunyi, yang bisa membuat pengemudi terkejut,” kata Peter Kissinger, president and CEO of the AAA Foundation for Traffic Safety.
 


(UDA)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA