Mendagri: Kasus Risma Harus Ditengahi dengan Hati-Hati

Intan fauzi    •    Minggu, 25 Oct 2015 21:12 WIB
tri rismaharini
Mendagri: Kasus Risma Harus Ditengahi dengan Hati-Hati
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (Foto: Metro TV)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan, pemerintah tidak akan ikut campur dalam proses hukum yang sedang dijalani Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Kata dia, kasus Risma harus ditengahi oleh penegak hukum dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kegaduhan menjelang Pilkada Serentak.

"Presiden menegaskan pemerintah tidak ikut campur proses penegakan hukum tetap jalan, tapi tidak boleh dalam perjalanannya menimbulkan kegaduhan. Ini harus ditengahi dengan hati-hati," kata Tjahjo dalam Prime Time News Metro TV, Minggu (25/10/2015).

Tjahjo menjelaskan, penegak hukum sebagai eksekutor perlu mengkaji kasus Risma apakah dalam kasus tersebut ada unsur kesengajaan politik karena penyelenggaraan Pilkada semakin dekat. Penegak hukum perlu memiliki perhitungan itu.

"Yang menjadi permasalahan kalau menjelang pilkada tahu-tahu ada laporan yang sumbernya tidak jelas atau jelas harusnya dikaji dulu, tahu-tahu dipanggil atau muncul berpotensi tersangka. Ini semakin masyarakat lihat media, dia (Risma) akan habis secara politis termasuk partai politik dan pendukungnya. Kalkulasi ini penegak hukum yang tahu," jelas Tjahjo.

Namun, Politikus PDI Perjuangan itu pun tidak menutup kemungkinan adanya keterlibatan penegak hukum dalam kasus Risma. Ia berharap penegak hukum memiliki netralitas dalam menangani proses hukum Risma.

"Dalam rimba belantara politik Republik Indonesia dari dulu hingga sekarang, itu sebuah mata rantai yang tidak pernah bisa kelihatan, tergantung hati nurani kejujuran (penegak hukum) juga," tukasnya.


(ALB)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA