Asap Mulai Tutupi Langit Jakarta

Intan fauzi    •    Senin, 26 Oct 2015 03:59 WIB
kebakaran hutan
Asap Mulai Tutupi Langit Jakarta

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa kabut asap tipis sebagai imbas kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan telah menutup langit Jakarta sejak hari Jumat (23/10/2015) hingga kini.

"Sesungguhnya asap tipis menutup langit Jakarta sudah berlangsung sejak Jumat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu (25/10/2015).

Dia menjelaskan, partikel halus dari asap tipis ini melayang di atmosfer pada ketinggian berkisar 1.000 hingga 3.000 meter. Bahkan, kata dia, asap tipis tersebut akan terlihat lebih tebal pada pagi hari. 

"Pada pagi hari kelihatan lebih tebal karena bercampur dengan kabut atau uap air," katanya.

Meski demikian, kata dia, masyarakat tidak perlu merasa khawatir atas sebaran kabut asap tersebut hingga ke Jakarta. "Tidak ada yang perlu khawatir dengan adanya sebaran asap tipis dari kebakaran hutan dan lahan tersebut. Sifatnya temporer dan mudah berubah setiap saat tergantung pada arah dan kecepatan angin," katanya.

Sebaran kabut asap yang berimbas hingga Jakarta tersebut, tambah dia, belum menurunkan kualitas udara di Ibukota. "Kualitas udara di Jakarta saat ini menunjukkan tingkat normal hingga
sedang," katanya.

Dia menambahkan, hingga saat ini tim gabungan masih terus melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. "Operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan terus dilakukan baik melalui jalur darat maupun udara," katanya.


(ALB)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA