Tips Mengobati Jerawat di Belakang Telinga

   •    Senin, 26 Oct 2015 10:55 WIB
kesehatan
Tips Mengobati Jerawat di Belakang Telinga
Jangan pencet jerawat agar tidak timbul peradangan (Foto:Wikihow)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jerawat di belakang telinga sangat menyakitkan. Kadang efeknya membuat area tersebut membengkak.

Penyebab kemunculan jerawat di lokasi ini biasanya akibat rambut tidak bersih sehingga mikroorganisme berkembang biak dengan cepat. Juga akibat kelenjar minyak terlalu aktif.

Berikut beberapa cara untuk mengobati jerawat di belakang telinga.

1. Alkohol
Alkohol dapat secara efektif membunuh bakteri pada kulit berjerawat. Gunakan sepotong kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk menyeka area itu hingga bersih.

2. Air panas
Celupkan kain bersih ke dalam air panas, gosok lembut area di belakang telinga. Dengan begini, kotoran penyebab jerawat akan hilang.

3. Putih telur
Putih telur mengandung mineral seperti zinc dan vitamin. Mengoleskannya sangat efektif membasmi jerawat. Basuh dengan air setelah didiamkan 20 menit.

4. Jus lemon
Lemon terkenal bagus untuk kulit. Mengoleskan jus lemon akan membersihkan minyak di kulit yang terkena jerawat. Setelah dioles, diamkan 10 menit, kemudian dibilas dengan air dingin.

5. Hindari keramas berlebihan
Terlalu sering keramas dapat mengembangbiakkan bakteri dan jamur yang menyebabkan jerawat di belakang telinga. Cukup keramas teratur tanpa berlebihan.

6. Susu
Susu membantu membersihkan kulit mati di belakang telinga. Ketika pori-pori tidak lagi tersumbat, maka penyembuhan jerawat akan lebih cepat. (Sumarni/ Boldsky)


(ROS)