Purnawiran TNI Menolak Pindah dari Kompleks Zeni

Deny Irwanto    •    Senin, 26 Oct 2015 11:09 WIB
penggusuran
Purnawiran TNI Menolak Pindah dari Kompleks Zeni
Warga Kompleks Zeni. Foto: MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 200 penghuni Kompleks Militer Zeni di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menolak pindah. Mereka menutup akses menuju Kompleks Zeni.

Warga menyampaikan protes dengan mengenakan pakaian putih dan membawa umbul-umbul. Kodam Jaya menyampaikan surat peringatan ketiga agar warga mengosongkan rumah paling lambat 29 Oktober.

"Ini mayoritas adalah purnawirawan yang sudah berjuang untuk negara, mereka diminta untuk kosongkan rumahnya," kata Budi, warga Kompleks Zeni, Senin (26/10/2015).

Kodam Jaya berencana mengosongkan 71 rumah di Kompleks Zeni. Perumahan tersebut saat ini dihuni sekitar 200 kepala keluarga.

Kodam Jaya mengklaim tanah dan bangunan di komplek milik TNI AD. Sementara warga menyampaikan tanah dan bangunan di Kompleks Zeni bukan dari anggaran TNI AD, melainkan dari uang saku anggota Batalion Yon Zikon 1 (sekarang Yon Zikon 11).

Warga meminta, Kodam Jaya tidak bertindak sebelum masalah ini selesai dengan baik. Warga juga menawarkan negosiasi kepada Kodam Jaya agar masalah ini cepat selesai, namun tidak ada jawaban dari pihak Kodam.


(TRK)