100 Orang Terluka dalam Kecelakaan Feri di Hong Kong

Willy Haryono    •    Senin, 26 Oct 2015 12:14 WIB
kecelakaan kapal
100 Orang Terluka dalam Kecelakaan Feri di Hong Kong
Petugas membawa salah satu korban luka kecelakaan kapal feri di Hong Kong, Minggu (25/10/2015). (Foto: AFP / APPLE DAILY)

Metrotvnews.com, Siu A Chau: Sedikitnya 100 orang terluka saat kapal feri berkecepatan tinggi yang mereka naiki dari Macau ke Hong Kong menabrak "objek tak dikenal."

Otoritas menerima panggilan darurat pada Minggu malam, bahwa kapal feri berisi 163 penumpang dan 11 kru, kehilangan tenaga setelah mengalami kecelakaan di Siu A Chau, dekat pulau Lantau.

"Sejauh ini ada sekitar 100 orang yang terluka," ujar juru bicara pemerintah Hong Kong kepada AFP, Senin (26/10/2015). 

Media lokal melaporkan operasi penyelamatan dilancarkan pemerintah dengan mengerahkan tim gabungan angkatan udara, kepolisian air dan departemen pemadam kebakaran. 

Sekitar 20 ambulans menunggu kedatangan penumpang di pinggir dermaga Government Pier. Korban selamat mendeskripsikan kekacauan saat kapal menabrak sesuatu di air. 

"Listrik di kapal mati dan semua gelap gulita. Banyak orang terluka dan berdarah," kata seorang korban selamat yang mengenakan perban di kepala. 

Menurut operator feri, Shun Tak, kapal itu menabrak sesuatu yang hingga kini belum dapat diidentifikasi. 

Keselamatan transportasi air di Hong Kong sempat dipertanyakan setelah terjadinya kecelakaan fatal kapal feri menabrak kapal pesiar pada 2012. Korban tewas mencapai 39 orang. 

Tragedi itu mengejutkan publik Hong Kong, negara dengan pelabuhan tersibuk di dunia, yang selama ini bangga atas rekor keselamatan transportasi. 

Juni lalu, lebih dari 50 orang terluka saat kapal feri menabrak tembok beton di pesisir Hong Kong. 


(WIL)