Review Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad F101 SOAR

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 26 Oct 2015 12:38 WIB
review gadget
Kelebihan dan Kekurangan Coolpad F101 SOAR
Inilah tampilan dari Coolpad F101 SOAR.

Metrotvnews.com: Coolpad secara resmi memasuki pasar Indonesia pada akhir bulan Juni lalu. Tidak tanggung-tanggung, Coolpad meluncurkan 3 smartphone sekaligus, yaitu Coolpad F103 STAR, E501 SKY, dan F101 SOAR. Coolpad F101 SOAR adalah produk unggulan mereka. Inilah pengalaman saya menggunakannya. 


Desain

Sebagai ponsel andalan, F101 SOAR memiliki desain yang cukup menarik. Bagian belakangnya tampil mengkilat, sekilas, membuatnya terlihat seperti kaca. Unit yang saya coba berwarna putih dengan warna emas di sisi-sisinya.

Tombol power terletak di sebelah kanan dan tombol volume terletak di sebelah kiri. Speaker dan port charger terletak di bagian bawah. Karena letak speaker di bagian bawah, Anda tidak perlu bingung harus meletakkan secara terbalik atau tidak saat Anda sedang memutar musik. 

F101 SOAR memiliki bodi unibody. Dengan kata lain, Anda tidak dapat membuka casing belakangnya. Tempat untuk sim card dan juga micro SD terletak di sebelah kanan, yang dapat Anda buka dengan pembuka, yang ada dalam kotak Coolpad F101 SOAR.


Software & Antarmuka

Untuk SOAR, Coolpad menggabungkan Android 4.4 KitKat dengan UI buatannya sendiri, CoolUI. UI buatan Coolpad ini tidak memiliki laci aplikasi. Dengan kata lain, Anda cukup melakukan swipe jika Anda ingin mengakses semua aplikasi.

Untungnya, tak banyak aplikasi bawaan pada SOAR. Dua di antaranya adalah WeChat dan SwiftKey. Aplikasi lainnya adalah CoolShow. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengatur wallpaper Anda, ringtone dari panggilan telepon masuk, alarm, notifikasi dan bahkan font dari ponsel Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan aplikasi Rock Wallpaper. Jika Anda menekan ikon Rock Wallpaper, wallpaper dari smartphone Anda akan secara otomatis berubah. Selain itu, Anda juga dapat mengubah wallpaper dengan cara menggoyangkan perangakat.

Kamera & video

Coolpad F101 SOAR memiliki kamera depan 8MP dan kamera belakang 13MP. Coolpad juga melengkapi kamera SOAR dengan beberapa fitur seperti HDR, Nightshot, Picture focus, panorama dan GIF. SOAR bahkan dilengkapi dengan mode Pro. Inilah beberapa contoh foto dengan menggunakan SOAR.

Foto menggunakan mode HDR.

Foto menggunakan mode refocus.

Foto di dalam ruangan.

Foto di malam hari.

Foto menggunakan kamera depan.

Dengan Coolpad F101 SOAR, Anda dapat mengambil video dengan resolusi 1920 x 1088.


Baterai & performa

Meski masih menjalankan KitKat, SOAR memiliki beberapa fitur yang cukup berguna, termasuk multitasking. Dengan fitur ini, Anda dapat membuka dua aplikasi pada saat yang sama.

Sayangnya, hanya beberapa aplikasi yang telah Anda tentukan saja yang dapat digunakan dalam fitur multitasking. Meskipun begitu, Anda bisa menggonta-ganti keenam aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, dua aplikasi yang sering saya gunakan secara bersamaan adalah Chrome dan YouTube.

Fitur lain yang saya rasa cukup berguna - dan mulai banyak ditemukan di ponsel buatan perusahaan lain - adalah Smart Gesture. Jika ingin menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dulu di menu pengaturan. Uniknya, Anda juga dapat mengatur fungsi Smart Gesture apa saja yang dapat Anda aktifkan.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan fitur ini adalah slide up untuk membuka ponsel, double tap untuk mengaktifkan layar, slide down untuk membuka kamera, horizontal slide untuk mengganti musik, gambar M untuk membuka musik, gambar W untuk membuka WhatsApp, gambar C untuk membuka kamera, gambar E untuk membuka Chrome dan gambar O untuk membuka Facebook.

Seperti yang Anda lihat pada grafik di bawah, jika dibandingkan dengan dengan beberapa pesaingnya, performa Coolpad SOAR tak kalah. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah Coolpad F101 SOAR dan Lenovo Vibe X2 menggunakan prosesor MediaTek MT6595M sementara Xiaomi Mi 4i dan ZTE Blade S6 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 615.


Seperti biasa, saya menggunakan game Asphalt 8: Airborne untuk menguji kemampuan smartphone buatan Coolpad ini. Dan saat saya mencoba untuk memainkan game ini, tidak ada masalah yang saya temui, bahkan saat saya menggunakan pengaturan grafik "high". Sayangnya, bagian belakang dari F101 SOAR akan terasa panas saat digunakan untuk bermain, yang terasa cukup mengganggu.

Di bawah ini adalah grafik perbandingan kapasitas baterai.

Dengan Xiaomi Mi 4i sebagai pengecualian, daya tahan baterai SOAR tak berbeda jauh dengan para pesaingnya. Karena smartphone ini tidak dapat bertahan lama, pastikan Anda membawa powerbank atau charger. Satu kelemahan SOAR, jika digunakan untuk membuka dua aplikasi pada saat bersamaan, bagian belakangnya akan terasa panas.


Kesimpulan

Coolpad F101 SOAR memiliki desain yang cantik. Ia juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, seperti multitasking dan fitur Smart Gesture. Performanya cukup baik meski, sayangnya, bodinya sering terasa panas jika digunakan untuk membuka aplikasi-aplikasi berat.

Kameranya juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup membantu. Sayangnya, baterai dari F101 SOAR terbilang cukup cepat habis. Karena itu, sebaiknya Anda persiapkan powerbank.

 
  Coolpad F101 SOAR
Prosesor MediaTek MT6595M @1,7GHz Octa-core
GPU PowerVR G6200
RAM 2 GB
Memori 16 GB + Micro SD
Kamera 13 MP (belakang), 8 MP (depan)
Dimensi 73,6x 146,6 x 6,5 mm
OS Android Android 4.4 KitKat + CoolUI
Layar 5,2-inci Super AMOLED, 1080 x 1920 (442ppi)
Baterai 2.700 mAh
Harga Rp3,9 juta
 

Coolpad F101 SOAR

 

7,8

  • + Fitur multitasking
  • + Desain yang menarik
  • + Sedikit bloatware
  • - Baterai lemah
  • - Bodi terasa panas
  • - Masih menggunakan KitKat



(ABE)