Cara Backup Data WhatsApp di Google Drive

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 27 Oct 2015 10:11 WIB
tips & trik
Cara Backup Data WhatsApp di Google Drive
Kini Anda dapat melakukan backup data WhatsApp ke Google Drive. (Facebook)

Metrotvnews.com: Pada awal bulan Oktober lalu, pengguna WhatsApp mulai dapat menggunakan Google Drive untuk membuat backup data. Untuk dapat menggunakan fitur ini, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Salah satunya adalah dengan memastikan Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Google Play telah terpasang di smartphone. Anda juga harus memastikan bahwa Google Drive yang hendak Anda pakai sebagai backup data memiliki memori yang cukup. Satu hal lain yang tidak kalah penting adalah pastikan setidaknya ada satu akun Google yang aktif.

Untuk membuat backup, buka aplikasi WhatsApp pada smartphone, lalu masuk ke menu. Setelah itu, pilih Settings lalu pilih Chats and calls. Kemudian, pilih Chat backup. Dalam menu Chat backup, Anda akan melihat kapan terakhir kali Anda membuat backup data. Anda dapat melakukan backup dengan menekan tombol yang sesuai.



Di bagian bawah, Anda dapat mengatur pembuatan backup berkala, sekaligus menentukan jadwal backup secara rutin. Anda memiliki 5 pilihan: tidak pernah, hanya saat Anda melakukan backup manual, harian, mingguan dan bulanan. Selain itu, Anda juga dapat memilih akun Google mana yang akan digunakan untuk melakukan backup.

Dua opsi lain yang dapat dipilih adalah mengenai jaringan yang digunakan untuk melakukan backup. Pengaturan default adalah backup hanya dilakukan menggunakan Wi-Fi. Anda dapat mengubah pengaturan ini menjadi Wi-Fi dan paket data.

Mengingat paket data menggunakan sistem kuota, kami sarankan Anda hanya menggunakan Wi-Fi untuk melakukan backup data. Opsi terakhir yang dapat Anda ubah adalah apakah Anda akan mengikutsertakan video yang dikirim atau tidak.

Dalam situs resminya, WhatsApp mengingatkan, saat pertama kali melakukan backup, proses tersebut mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada besarnya data yang harus disimpan. Karena itu, mereka menyarankan agar Anda mengisi baterai smartphone saat backup pertama kali.


(MMI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

11 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA