Puluhan Warga Keracunan Amonia Pabrik Pupuk Diizinkan Pulang

Muzakir Nurdin    •    Selasa, 27 Oct 2015 14:03 WIB
keracunan
Puluhan Warga Keracunan Amonia Pabrik Pupuk Diizinkan Pulang
ilustrasi keracunan, Ant

Metrotvnews.com, Aceh Utara: Puluhan warga Desa Tambon, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, keracunan amonia. Mereka mengalami mual dan pusing setelah menghirup racun yang keluar dari pabrik PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Senin sore Oktober.

Para korban lantas dibawa ke rumah sakit terdekat. Beberapa di antaranya mendapat penanganan berupa susu dan obat-obatan. Setelah kondisi stabil, pihak rumah sakit pun mengizinkan mereka pulang.

"Beberapa pasien mengalami sakit parah dan mendapatkan pertolongan oksigen dan infus," kata Mayna Fitriyani, dokter RS PIM yang menangani korban, Selasa (27/10/2015).

Peristiwa itu terjadi saat mesin pabrik dinyalakan. Larutan karbon melebihi kapasitas dan bocor ke pemukiman padat penduduk.

Warga yang sedang beraktivitas dan beristirahat mencium bau tak sedap. Mereka merasakan pusing dan mual. Sebagian besar, mereka berusia anak-anak.

Humas PT PIM T Suhatsyah mengakui kebocoran terjadi saat mesin pabrik urea dinyalakan. Larutan karbon yang berlebihan bocor.

"Tapi seluruh korban sudah dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis," kata Suhatsyah.


(RRN)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

56 minutes Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA