Kontroversi Rossi di Malaysia

Soal 'Tendangan' Rossi kepada Marquez, Repsol Minta Hukuman Rossi Diperberat

Alfa Mandalika    •    Selasa, 27 Oct 2015 14:21 WIB
Soal 'Tendangan' Rossi kepada Marquez, Repsol Minta Hukuman Rossi Diperberat
Valentino Rossi. (Foto: AFP/Mohd Rasfan)

Metrotvnews.com, Sepang: Sponsor pabrikan tim Honda, Repsol, mengutuk tindakan Valentino Rossi kepada Marc Marquez. Repsol merasa hukuman yang dijatuhkan kepada Rossi terlalu ringan.

Rossi dan Marquez terlibat friksi di Sirkuit Sepang Malaysia akhir pekan lalu. Saking sengitnya, tepat di lap ketujuh, Rossi tertangkap kamera melakukan 'tendangan' kepada Marquez. Alhasil, Marquez terjatuh dan tidak melanjutkan lomba.

Imbas dari kejadian tersebut, Rossi mendapatkan hukuman dari Race Direction. Sanksi yang harus diterima Rossi ialah penalti tiga poin dan memulai balapan dari posisi buncit di seri terakhir MotoGP Valencia. Melihat sanksi tersebut, Repsol menyatakan keberatan. Mereka merasa, sikap tidak terpuji Rossi harus diganjar dengan hukuman yang lebih berat.

"Repsol bersuka cita karena Dani Pedrosa berhasil menjadi pemenang. Tetapi, tindakan tidak sportif yang dilakukan Rossi ketika 'menendang' Marquez itu sikap yang tidak bisa diterima. Kami menyerukan agar memberikan hukuman yang tegas dan jelas kepada Rossi," demikian pernyataan Repsol dikutip dari Crash, Selasa (27/10/2015).

"Repsol sangat sedih melihat situasi seperti itu terjadi di Sepang. Apalagi, Repsol merasa karena nilai-nilai olahraga seperti: persahabatan, semangat yang kompetitif, dan komitmen dari pembalap membuat Repsol mendukung MotoGP. Tanpa nilai-nilai tersebut, tidak akan masuk akal bagi Respol untuk berpartisipasi dalam dunia olahraga sebagai sponsor." (Crash)
(FIT)