Satu Orang Tewas, 12 Terluka dalam Ledakan di Masjid Saudi

Willy Haryono    •    Selasa, 27 Oct 2015 15:07 WIB
isis
Satu Orang Tewas, 12 Terluka dalam Ledakan di Masjid Saudi
Warga berusaha membangun kembali masjid yang hancur terkena ledakan bom di Qatif, Arab Saudi, 24 Mei 2015. (Foto: AFP / HUSSEIN RADWAN)

Metrotvnews.com, Najran: Ledakan bom melanda sebuah masjid di Najran, wilayah di Arab Saudi yang berbatasan dengan Yaman, Senin (26/10/2015). 

"Satu orang tewas dalam ledakan bom di Najran, 12 lainnya dan terduga pelaku terluka," lapor kantor berita Al-Ekhbariya. 

Kementerian Dalam Negeri Saudi mengonfirmasi kejadian tanpa menyebut detail lebih lanjut. "Seseorang masuk ke masjid dan ledakan pun terjadi," ujar juru bicara Kemendagri Saudi kepada AFP

Laporan televisi Saudi tidak menyebutkan apakah masjid itu milik Muslim Sunni atau Syiah. Namun, hampir separuh populasi Najran adalah komunitas Syiah Ismaili. 

Sebagian besar Muslim Syiah di Saudi tinggal di provinsi timur. Tahun lalu, komunitas Syiah di Saudi empat kali dilanda serangan bom dan penembakan terkait kelompok Islamic State (ISIS). 

Serangan terbaru di timur Saudi terjadi pada 16 Oktober, saat pria bersenjata menembaki Syiah yang sedang merayakan ritual Ashura di Qatif. Pelaku ditembak mati polisi.

Pada Juni, empat Syiah tewas saat mencegah pelaku bom bunuh diri yang hendak memasuki masjid Al-Anoud di Dammam. Beberapa hari sebelumnya, 21 orang tewas dalam ledakan masjid Syiah. 

Dalam perayaan Ashura tahun lalu, pria bersenjata membunuh tujuh Syiah, termasuk seorang anak kecil, di kota Al-Dalwa.


(WIL)