Menteri Susi: Tanpa TPP, RI Sudah Inisiasi Dialog

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 27 Oct 2015 17:10 WIB
tpp
Menteri Susi: Tanpa TPP, RI Sudah Inisiasi Dialog
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti -- ANTARA FOTO/Teresia May

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti memberikan tanggapannya terhadap keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan Indonesia berminat gabung dengan kesepakatan perdagangan Trans-Pasific Partnership (TPP) bersama dengan 11 negara lainnya.

"Sebetulnya tanpa TPP, kita kan sudah menginisiasi beberapa dialog dan diskusi bersama negara Fiji, Papua Nugini, dan Timor Leste. Kita sudah akan membuat satu deklarasi untuk negara terbatas dulu," ujar Susi Pudjiastuti saat ditemui di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).

Namun, dirinya akan menyambut baik jika nantinya TPP tersebut juga berfokus pada Ilegal, Unreported, Unregulated Fishing (IUU Fishing). Menurutnya, hal itu akan sangat membantu dalam menangkap kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia.

"Karena mereka (kapal asing) tidak akan punya tempat lari lagi. Saya harus tahu dulu TPP ini zone-nya di mana," kata Menteri KKP itu.

Dirinya menambahkan, jika Indonesia bisa melakukan IUU Fishing bersama negara-negara lain, menurutnya hal tersebut akan sangat membantu Indonesia. Sebab negara yang berada di wilayah Pasific mempunyai monitoring sistem, sehingga bisa saling berbagi data.

"Tapi saya belum mendalami TPP di bidang non IUU-nya," pungkasnya.


(AHL)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

25 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA