Diagnosa Sang Ayah Selamatkan Wanita Ini dari Keganasan Kanker

   •    Selasa, 27 Oct 2015 17:19 WIB
kanker
Diagnosa Sang Ayah Selamatkan Wanita Ini dari Keganasan Kanker
Aubrey dan ayahnya. (Foto:Dailymail)

Metrotvnews.com, Chicago: Richard Kepes didiagnosis mengidap kanker payudara yang sangat langka menyerang pria. Putri Richard, Aubrey Ellis menceritakan bagaimana kronologi sang ayah sebelum dinyatakan menderita kanker payudara.

"Awalnya ayah saya bertelanjang dada duduk di depan rumah, lalu bibi saya mengatakan padanya bahwa putingnya tampak aneh," tutur wanita 37 tahun ini seperti dilansir Womenshealth.

Setelah pergi ke dokter, Richard langsung diperintahkan melakukan biopsi. Ia dinyatakan memiliki kanker pada payudara kirinya. Mulai sejak itulah Richard juga melakukan kemoterapi yang diikuti dengan radiasi segera.

"Di saat yang bersamaan dokter juga menyuruh ayah untuk melakukan uji gen BRCA pada semua anggota keluarganya, termasuk saya," lanjut Aubrey.

Gen BRCA sebenarnya disebabkan oleh faktor genetik. Tidak heran Richard mengidap kanker payudara karena sebelumnya, Aubrey juga menjelaskan bila nenek, dan dua sepupunya meninggal karena penyakit yang sama, kanker payudara.

Pada Desember 2013, setelah melakukan pemeriksaan, Aubrey juga teruji positif untuk mutasi BRCA 2. Artinya, wanita asal Chicago ini punya kesempatan 87 pesen terkena kanker payudara dalam hidupnya.

Tepat sebelum menjelang pernikahannya, Aubrey dinyatakan menderita kanker di bagian payudara kanannya. "Setelah itu, saya langsung memutuskan operasi mastektomi," tambahnya.

Pascaoperasi Aubrey, Richard menangis haru karena kanker yang diidap sang putri belum menyebar hingga ke kelenjar getah bening. 

"Diagnosis ayahku mungkin telah menyelamatkan hidup saya, Dan sejak itulah saya sering berbagi cerita bahwa penyakit kanker payudara bisa menyerang pria dan diatasi segera bila melakukan pemeriksaan dini," tutupnya.

Adik Aubrey dinyatakan negatif gen BRCA. Berbeda dengan saudara kembarnya yang juga terbukti positif memiliki gen yang sama. Namun, secara signifikan risikonya lebih rendah karena ia seorang pria.

Selain itu, aktris Hollywood Angelina Jolie sebelumnya juga melakukan biopsi setelah dinyatakan memiliki gen BRCA. Gejala kanker yang diketahui lebih awal dapat menyelamatkan hidup si pasien. (Sumarni/ Daily Mail)


(LOV)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA