Sosialisasi Pilkada Penuh Canda

Pythag Kurniati    •    Selasa, 27 Oct 2015 19:54 WIB
pilkada serentak
Sosialisasi Pilkada Penuh Canda
Sosialisasi pilkada pada warga binaan di Solo, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Solo menggelar sosialisasi di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Solo, Selasa, 27 Oktober 2015. Sosialisasi berlangsung meriah dan penuh gelak tawa. 

Sebab KPU memasukkan informasi pilkada dalam hiburan dagelan (komedi Jawa). Mengenakan kostum Jawa dan beskap, empat orang pemain dagelan merias wajahnya seperti Punakawan.

“Kalau mau nyoblos, kertasnya dibuka lalu coblos dengan paku. Kertasnya tidak udah ditulisi ‘I love you’. Memangnya surat cinta,” celetuk salah seorang pemain dagelan. Sontak celetukan tersebut disambut gelak tawa ratusan warga binaan.

Ketua KPUD Kota Solo, Agus Sulistyo mengatakan sosialisasi di Rutan memang harus berbeda dari sosialisasi lain yakni dengan unsur hiburan. “Sebab sehari-hari warga binaan cenderung berada di dalam tembok. Maka kita beri sajian hiburan dengan tetap memasukkan usur informasi. Mereka akan lebih tertarik,” ujar Agus usai sosialisasi.

Salah seorang warga binaan, Kuswandono, 46 mengaku terhibur dengan cara sosialisasi KPU. Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan harapannya pada calon-calon Wali Kota Solo. “Saya akan memilih Wali Kota yang mengetahui pemasalahan rakyat, bersih dan jujur,” ujarnya.

Pilkada Kota Solo diikuti dua calon. Yakni, Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri maju diusung Partai Gerindra, Partai PAN, PKS, PPP, Partai Golkar, dan Partai Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Solo Bersama (KSB). Sedangkan lawannya, FX. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo merupakan calon petahana yang diusung oleh partai tunggal PDIP. 


(SAN)

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

38 minutes Ago

Novanto tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta pada pukul 09.40 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dib…

BERITA LAINNYA