Di Tengah Kabut Asap, Sumsel dan Jambi Diguyur Hujan

Baharman, Solmi    •    Selasa, 27 Oct 2015 19:56 WIB
kabut asap
Di Tengah Kabut Asap, Sumsel dan Jambi Diguyur Hujan
Kabut asap. Foto: Antara/Jessica Helena

Metrotvnews.com, Palembang: Setelah sekitar lima bulan tidak turun hujan, sejumlah wilayah di Sumatra Selatan mulai diguyur hujan dengan kategori sedang, Selasa siang, 27 Oktober. Hujan terjadi di sebagian wilayah kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin dan Kota Prabumulih. 

Kedatangan hujan diharapkan bisa mengurangi kebakaran yang mengakibatkan kabut asap hingga saat ini. Kasi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II, Agus Santosa, mengakui adanya hujan di beberapa daerah di Sumsel. 

"Kami telah memantau memang adanya aktivitas hujan di beberapa daerah, seperti Kota Prabumulih, Kabupaten Banyusin, dan OKI yang menjadi salah satu penyumbang kabut asap di Sumsel," ujarnya.

Menurutnya, hujan mengguyur Kecamatan Air Sugihan, OKI dan Banyuasin terjadi sekitar 15 menit dengan kriteria hujan ringan dan sedang.

Dia menambahkan, adanya pengaruh dari perubahan iklim dan el nino telah memengaruhi datangnya musim hujan. "November ini kan harusnya puncak hujan. Sekarang hanya hujan ringan sampai lebat, setidaknya untuk menyiram rawa yang masih kering dan menyiram lahan gambut," kata dia.

Hujan juga mengguyur bumi Jambi yang saat ini terpapar kabut asap. Turunnya hujan di sana bersamaan dengan kedatangan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan. 

Luhut bersama Menteri KLH Siti Nurbaya, Menkes Nila F Moeloek, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, datang ke Jambi untuk melihat kondisi asap dan persiapan evakuasi korban. Mereka didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Badrodin Haiti.

Hujan di Kota Jambi terjadi sekitar 10 menit dengan intensitas sedang. Kabupaten Batanghari, Muarojambi, dan sebagian Kabupaten Tanjungjabung Barat juga diberkahi hujan. Namun, hujan itu belum mampu menghalau asap yang masih menyelimuti daerah itu.

Komandan Satgas Tanggap Darurat Karhutla dan Kabut Asap Jambi, Kol Inf Makmur, mengatakan dari sekitar 15.600 hektare hutan dan lahan yang terbakar semenjak September lalu, 98 persen lebih telah dipadamkan.


(UWA)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

11 minutes Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA