Demo Mahasiswa YAI Berujung Blokir Jalan Dipicu Penipuan Pembayaran Uang Kuliah

Renatha Swasty    •    Rabu, 28 Oct 2015 00:34 WIB
penipuan
Demo Mahasiswa YAI Berujung Blokir Jalan Dipicu Penipuan Pembayaran Uang Kuliah
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Ratusan mahasiswa Universitas Persada YAI (UPI YAI) melakukan unjuk rasa berujung pemblokiran jalan di depan kampus, Selasa 27 Oktober. Aksi dipicu masalah internal berkaitan dugaan penipuan pembayaran uang kuliah.

"Informasi yang kita dapat jadi mereka (mahasiswa) ini kan membayar uang kuliah semesteran lewat teman bukan bayar langsung ke pihak kampus, bayar lewat teman dengan iming-iming cash back," ujar Kepala Kepolisian Sektor Senen Kompol Kasmono saat ditemui di depan Universitas Persada Indonesia YAI, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).

Kasmono membeberkan ada sejumlah mahasiswa yang memasang informasi di jejaring sosial mengajak mahasiswa lain untuk melakukan pembayaran uang kuliah melalui teman tanpa lewat pihak kampus.

Mereka yang membayar lewat teman akan mendapat potongan harga dan mendapat bukti pembayaran dari bank Mandiri. Tapi rupanya bukti palsu.

Adapun potongan yang diberikan sebanyak Rp800 ribu-Rp1 juta dari total uang kuliah yang dibayar per semester. Tapi, belakangan diketahui uang yang telah dibayarkan juga tak disetor ke pihak kampus.

"Karena mungkin si orang ini merasa dirugikan ya maunya boleh kuliah terus demikian mungkin pihak rektorat di sini juga tidak mau rugi karena uang yang dia (mahasiswa) bayarkan belum sampai ke pihak kampus," ujar Kasmono.

Terkait hal ini kepolisian sudah melakukan penyelidikan. Terungkap pembayaran melalui teman dengan kwitansi
palsu telah terjadi sejak 2008.

Aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa diketahui berlangsung sejak pukul 13.00 WIB hingga 20.10 WIB. Mahasiswa sempat menutup akses jalan di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Mahasiswa menuntut tindak lanjut dari pihak rektorat terkait penipuan yang dilakukan. (Antara)


(REN)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

46 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA