Operasi Penyelamatan Dipercepat, Korban Gempa Afghanistan Capai 350 Jiwa

Fajar Nugraha    •    Rabu, 28 Oct 2015 09:57 WIB
gempa afghanistan
Operasi Penyelamatan Dipercepat, Korban Gempa Afghanistan Capai 350 Jiwa
Proses penyelamatan korban gempa (Foto: China.org)

Metrotvnews.com, Kabul: Regu penyelamat bergegas untuk melakukan penyelamatan terhadap korban gempa yang melanda Afghanistan dan Pakistan. Korban tewas saat ini dilaporkan mencapi 350 jiwa.

Gempa yang melanda Afghanistan pada Senin (26/10/2015) berkekuatan 7,5 skala richter (SR) di wilayah pegunungan. Namun imbas gempa justru lebih parah menghantam Pakistan.

Media setempat melaporkan jumlah korban tewas di Pakistan sudah melewati angka 270, sedangkan korban luka mencapai sekitar 2.000. Namun pihak National Disaster Management Authority (NDMA) mengkonformasi korban tewas mencapai 230 dan 1,629 terluka.

Sebagian besar regu penyelamat saat ini sudah dikerahkan ke wilayah Provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Wilayah tersebut merupakan daerah terparah terkena guncangan gempa, karena dekat dengan titik pusat gempa di Pegunungan Hindu Kush.

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mengunjungi lokasi gempa di wilayah Provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Sharif berjanji untuk memberikan kompensasi kepada warga yang terkena imbas gempa.

"Semuanya akan dilakukan demi proses penyelamatan dan rehabilitasi dari korban gempa," ujar Sharif, seperti dikutip China.org, Rabu (28/10/2015).

Sementara Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani mengatakan, korban tewas akibat gempa di negara bertambah menjadi 115. Sedangkan korban luka diketahui mencapai 538.

Total 7.630 rumah menderita rusak berat dalam bencana ini. Selain rumah bangunan yang mengalami kerusakan antara lain, 12 bangunan sekolah, 17 masjid dan 20 gedung pemerintah.

Regu penyelamat saat ini meningkatkan respons darurat mereka untuk membantu korban. Fokus operasi saat ini dilakukan di wilayah provinsi di utara dan timur.

Gempa tersebut juga terasa di wilayah Kashmir yang dikendalikan India. Empat orang tewas dalam guncangan gempa itu.


(FJR)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

23 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA