Cak Imin Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus P2KT

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 28 Oct 2015 10:38 WIB
kasus korupsi
Cak Imin Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus P2KT
Ketum PKB Muhaimin Iskandar--Foto: MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Muhaimin Iskandar menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rencananya, dia bakal diperiksa terkait kasus dugaan korupsi di Direktorat Pembinaan dan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang menyeret Jamaluddin Malik (JM) sebagai tersangka.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ini tiba di Gedung KPK sekitar pukul 09.33 WIB. Dia sempat memberikan sedikit komentar soal pemeriksaannya.

"Saya diundang untuk menjadi saksi Pak Jamal. Dulu Dirjen ketika saya jadi menteri," kata Muhaimin di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2015).

Namun, pria yang akrab disapa Cak Imin ini enggan berkomentar lebih jauh soal duduk perkara yang membuatnya harus berhadapan dengan penyidik KPK. Dia irit bicara soal kasus pemerasan yang menjerat anak buahnya. "Saya enggak tahu," kata dia singkat.

Mantan Direktur Jenderal P2KT Jamaluddin Malik ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 12 Februari 2015. Dia disangka memperkaya diri sendiri dan orang lain dengan memeras pada kegiatan dana tugas Kemenakertrans tahun anggaran 2013-2014.

Dalam kasus ini, penyidik baru menetapkan Jamaluddin sebagai tersangka. Ia sudah mendekam di Rumah Tahanan Guntur. Penyidik menjeratnya dengan Pasal 12 huruf e, huruf f, Pasal 23 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 421 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


(MBM)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

35 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA