Saingi Putin, Obama Berencana Kirim Pasukan untuk Perangi ISIS

Fajar Nugraha    •    Rabu, 28 Oct 2015 13:15 WIB
isis
Saingi Putin, Obama Berencana Kirim Pasukan untuk Perangi ISIS
Presiden Obama akan kerahkan pasukan ke Suriah (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akhirnya mengirim pasukan untuk melawan kelompok Islamic State (ISIS). Pengirim dilakukan di saat Rusia melancarkan serangan udara ke wilayah kekuatan ISIS.

Rencananya, pasukan yang dikirim tersebut adalah pasukan operasi khusus yang ditujukan ke Suriah. Selain itu, Obama juga direncanakan untuk mengirim helikopter tempur di wilayah Irak, demi mengimbangi operasi militer Rusia, yang diperintahkan oleh Presiden Vladimir Putin.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (28/10/2015), pemerintahan Obama terus mendapatkan tekanan untuk melayangkan tindakan lebih tegas terhadap ISIS, khususnya setelah kelompok itu mengambil alih Kota Ramadi, Irak.

Hingga saat ini, Obama menolak untuk mengerahkan pasukan AS dalam pertempuran langsung di lapangan melawan ISIS.

Namun menurut orang dalam, pasukan operasi khusus hanya akan diturunkan ke Suriah untuk mencapai tujuan militer spefisik dan terbatas. Mereka akan memberikan masukan kepada pasukan pemberontak Suriah dan bisa membantu serangan udara AS di Suriah.

Diyakini pengajukan ini masih dalam tahap awal pembahasan. Diperkirakan bila pun akan terwujud, pengerahan pasukan itu baru terlaksana beberapa bulan ke depan.

Pentagon dan Gedung Putih pun menolak untuk mengomentari klaim itu.


(FJR)