Tri Rismaharini Tersangka

Polda dan Kejati Jawa Timur Resmi Hentikan Kasus Risma

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Rabu, 28 Oct 2015 13:26 WIB
tri rismaharini
Polda dan Kejati Jawa Timur Resmi Hentikan Kasus Risma
Foto: Mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini/MI_Ramdani

Metrotvnews.com, Surabaya: Kasus dugaan penyalahgunaan wewenang pemindahan kios pembangunan Pasar Turi, Surabaya, yang menyeret mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai tersangka, resmi dihentikan. Kasus ini tutup buku usai Polda Jawa Timur mengeluarkan surat pemberitahuan penghentian penyidikan (SP3).

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, kasus itu selesai setelah SP3 dikirim ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Senin 26 Oktober 2015.

"Sudah selesai. SP3 telah dikirim dan tidak ada permasalahan lagi," kata Kombes Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (28/10/2015).

Argo mengatakan, SP3 itu dikeluarkan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Timur. Selain itu, pihak pelapor yakni kontraktor pembangunan Pasar Turi PT Gala Bumi Perkasa sudah mencabut laporan di Polda Jawa Timur.

"Jadi, sudah tidak ada masalah lagi. Hasil gelar perkara kami juga tidak menemukan bukti kuat untuk tersangka Risma," kata Argo.

Sementara itu, Assisten Pidana Umum Kejati Jawa Timur Andi MuhammadbTaufiq mengaku sudah menerima SP3 kasus Risma itu. Dengan dikeluarkannya SP3 itu, Kejati Jawa Timur tidak akan melanjutkan penyidikan kasus ini.

"Mengeluarkan SP3 itu wewenang penyidik. Kami juga tidak melanjutinya. Kecuali kalau penyidik membuka kembali kasusnya," ujarnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menetapkan Tri Rismaharini sebagai pelaku terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang pemindahan kios pembangunan Pasar Turi, Surabaya. Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Timur Romy Arizyanto mengatakan, status tersangka Risma itu sesuai surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP).


(TTD)

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

12 minutes Ago

Bos PT Delta Energy dan toko buku Gunung Agung, Made Oka diperiksa KPK selama tujuh jam soal ka…

BERITA LAINNYA