3 Tantangan Utama E-Commerce Indonesia: Pembayaran, Logistik dan Internet

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 28 Oct 2015 13:56 WIB
e-commerce
3 Tantangan Utama E-Commerce Indonesia: Pembayaran, Logistik dan Internet
Humas iDEA Marine Novita dan David Alexander

Metrotvnews.com, Jakarta: Industri e-commerce sedang tumbuh dengan pesat di Indonesia. Menurut Asosiasi E-commerce Indonesia, industri ini memiliki potensi yang sangat besar untuk tumbuh. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang menjadi tantangan.

Aulia E. Marinto, Dewan Pengawasan idEA dan juga CEO BLanja.com menjelaskan, ada 2 masalah besar yang harus dihadapi. Pertama, masalah pembayaran.

"Saat ini, semua metode pembayaran online harus diawali dengan kepemilikan rekening, mulai dari kartu kredit, kartu debit, ATM, internet banking dan lain sebagainya," kata Aulia.

"Jadi, hanya orang yang punya rekeneing bank yang bisa belanja online." Padahal, belum semua masyarakat Indonesia telah memiliki rekening bank. 

Marine Novita, tim humas idEA dan General Manager - OLX Property Indonesia, memperkuat perkataan Aulia dengan menyebutkan bahwa bahkan di Medan sekalipun, yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia, pihak bank masih harus mendorong masyarakat untuk membuka rekening di bank.

Masalah lain adalah logistik. "Saat ini, perusahaan yang mengatur logistik masih bisa dihitung dengan jari," kata Aulia. Perusahaan-perusahaan logistik ini masih belum bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia. 

Marine menambahkan, salah satu masalah lain yang dihadapi di Indonesia adalah masalah internet.

"Internet di Indonesia masih terbilang lambat dan mahal," kata Marine.

Di kuartal empat tahun 2013, broadband di Indonesia hanya memiliki kecepatan 1,6 Mbps. Masih kalah cepat jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Vietnam yang memiliki kecepatan 1,8 Mbps, Filipina yang memiliki kecepatan 2 Mbps, dan Malaysia yang memiliki kecepatan 3 Mbps. 

Indonesia juga kalah jauh dari negara-negara yang lebih maju seperti Singapura yang memiliki kecepatan broadband 7,9 Mbps dan AS yang memiliki kecepatan 10 Mbps.


(ABE)