Motor Konsep

Motobot, Robot Pertama di Dunia yang Bisa Berkendara

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 29 Oct 2015 11:20 WIB
yamaha
Motobot, Robot Pertama di Dunia yang Bisa Berkendara
Yamaha Motobot Ver.1, bisa kendarai superbike. Young Machine

Metrotvnews.com: Selain menampilkan motor-motor produksi massal dan konsep, Yamaha juga memboyong sebuah robot dalam ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2015. Bukan sembarang robot, karena nyatanya robot ini bisa mengendarai sepeda motor.

Robot humanoid serupa manusia ini, tercipta untuk mengungguli seorang Valentino Rossi. Tak heran jika Yamaha merancang robot ini mengendarai sebuah superbike Yamaha YZF-R1M.

Motobot Ver.1, nama robot humanoid ini memiliki rancang bangun atas hasil kerjasama antara divisi sepeda motor dan robot Yamaha. Saat ini Motobot berada dalam proses pengembangan dan belum terlalu sempurna.

Tujuan akhir dari Motobot ini adalah bisa mengendarai sepeda motor tanpa modifikasi hingga kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam. Tentunya hanya bisa dilakukan pada arena khusus saja.

Tantangan dalam membuat robot tersebut adalah peraturan mengenai pembuatan robot yang salah satunya adalah robot tidak boleh melukai seseorang. Terlebih Motobot Ver.1 ini diciptakan untuk mengendarai sepeda motor.

Terlepas dari itu semua, Motobot Ver.1 telah mampu mengontrol bukaan gas, tuas rem, tuas kopling, pedal rem serta transmisi. Lalu apa tujuan besar dari Yamaha menciptakan robot ini?

Mereka mengatakan, robot ini akan dicoba untuk meriset dan mengembangkan keselamatan pengendara dengan kemampuan di atas rata-rata serta sistem pendukung pengendara sepeda motor. Tentu saja menggunakan Motobot ini.


(UDA)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

4 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA