BlackBerry ID Rentan Dijebol, Lakukan Langkah Sederhana Ini

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 29 Oct 2015 15:25 WIB
tips & trik
BlackBerry ID Rentan Dijebol, Lakukan Langkah Sederhana Ini
Berhati-hatilah agar BlackBerry ID tetap aman. (AFP PHOTO / TIMOTHY A. CLARY / FILES)

Metrotvnews.com: Salah satu hal yang paling dibanggakan BlackBerry adalan sistem keamanan yang mereka miliki. Meskipun begitu, sistem keamanan tersebut akan sia-sia jika penggunanya tetap ceroboh. Belakangan ini, banyak orang mengaku BBM mereka tetiba sign out, lalu dibajak orang lain. Akibatnya, sang pelaku dengan mudah menipu teman-teman dan kerabat korban dengan meminta uang atau paling sederhana, minta dikirimi pulsa.

Menyangkut peretasan akun BBM yang sering terjadi belakangan ini, BlackBerry mengimbau para pengguna BBM untuk melakukan beberapa hal ini.

1. Tidak memberikan informasi mengenai BlackBerry ID kepada sembarang orang
Sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa poin yang satu ini adalah hal yang sudah pasti diketahui semua orang. Sayangnya, masih ada pengguna yang memberikan data mengenai BlackBerry ID mereka kepada pihak ketiga.

Yolanda Nainggolan, Public Relations Manager, BlackBerry Indonesia, menjelaskan, satu cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai BlackBerry ID seseorang adalah dengan cara mengirimkan broadcast mengenai program berhadiah atau informasi mengenai tokoh masyarakat/selebritas tertentu. Dalam broadcast tersebut, Anda akan menemukan sebuah tautan, yang jika Anda buka, akan meminta Anda untuk memasukkan informasi mengenai BlackBerry ID Anda.

Hal-hal seperti inilah yang harus diwaspadai.

2. Ganti password email secara berkala
Saat Anda membuat BlackBerry ID, Anda akan diminta untuk memasukkan e-mail. Email merupakan media yang dapat diretas dengan mudah. Dan jika email berhasil diretas, maka tak tertutup kemungkinan BlackBerry ID Anda juga akan berada dalam bahaya. Karena itu, sebaiknya, Anda mengganti password email Anda secara rutin.

3. Buat BlackBerry ID sendiri
Banyak sekali orang gagap teknologi yang ingin memiliki ponsel pintar. Karena itu, banyak orang meminta dibuatkan e-mail agar bisa Log In ke BlackBerry Messenger atau layanan Google di Android.

Jika sudah demikian, pasti BlackBerry ID Anda jadi diketahui orang lain. Jika pencuri tahu username dan password BlackBerry ID Anda, dan sang pencuri menggunakan data tersebut untuk masuk ke akun Anda, hal itu tidak akan terdeteksi sebagai peretasan.

Kesimpulannya, jangan sembarangan membagikan informasi e-mail Anda kepada orang lain, apalagi kalau sampai meminta orang lain membuat e-mail untuk Anda. Kedua, jangan asal-asalan membuat password sehingga sangat gampang ditebak.


(ABE)