Cerita Andien Saat Berlibur ke Museum Topkapi Turki

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 29 Oct 2015 16:00 WIB
wisata
Cerita Andien Saat Berlibur ke Museum Topkapi Turki
Andien. (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyanyi jazz Andien Aisyah baru saja kembali ke Indonesia setelah menjalani liburan sekaligus bulan madu di Turki selama sembilan hari. Tanpa disangaka, liburannya kali ini membawa banyak pelajaran baginya, terlebih dalam kajian spiritual.

"Selama berada di sana, banyak sekali ilmu yang dan informasi yang aku dapat, dan juga kebahagiaan serta pelajaran spiritual. Kalau lihat di Instagram-ku, ada dimana aku bisa melihat barang-barang milik Nabi Muhammad. Selama ini sosok Nabi Muhammad seperti tidak terjangkau, aku tahunya hanya dari Al Quran dan cerita-cerita," kata Andien.

Andien tak pernah menyangka jika di Turki terdapat tempat yang menyimpan beberapa barang peninggalan Nabi Muhammad, yang tepatnya berada di Topkapi Palace.

"Di sana aku melihat jenggotnya, bajunya, pedangnya yang pernah dipakai perang Badar dan Uhud, serta tongkatnya Nabi Musa waktu beliau membelah laut, dan juga tongkatnya Nabi Daud. Usianya ribuan tahun sebelum Masehi. Itu semua membuat aku semakin percaya kalau semua itu adalah nyata dan merupakan bagian dari sejarah," ujarnya.

Topkapi Palace memang merupakan tempat penyimpanan berbagai peninggalan Nabi Muhammad SAW, sahabat dan keluarganya. Di salah satu ruangannya, terdapat sejumlah pedang milik para sahabat Nabi Muhammad yang dipajang.

Selain itu, di ruangan lain terdapat pula peninggalan Rasulullah SAW seperti gigi, jenggot, jubah, pedang, dan jejak telapak kaki Rasulullah yang dipahat di batu. Tak hanya itu, ada juga pedang Nabi Daud dan pedang para sahabat (Umar bin Khatab, Ali bin Abi Thalib, dan Ustman bin Affan) dan baju-baju kekhalifahan. Ada pula tongkat Nabi Musa yang digunakan untuk membelah laut. 


(LOV)