Kebakaran Gunung Lawu Padam, Tim Gabungan Lakukan Penyisiran

Pythag Kurniati    •    Kamis, 29 Oct 2015 16:17 WIB
kebakaran hutan
Kebakaran Gunung Lawu Padam, Tim Gabungan Lakukan Penyisiran
Pendaki melintasi kawasan hutan yang terbakar di Gunung Lawu. (Ant/Siswowidodo)

Metrotvnews.com, Karanganyar: Api yang membakar hutan Gunung Lawu di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah telah dinyatakan padam. Api menghanguskan 30 hektare lahan di Petak 63 N dan 63 S.

Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Arief Nurjanti mengatakan kendati telah dinyatakan padam, hari ini 45 orang dikerahkan untuk menyisir jalur, terutama di lokasi-lokasi yang terbakar.

“45 orang tersebut berasal dari TNI, Polri, Perhutani, relawan, dan warga. Kami lakukan penyisiran untuk memastikan api sudah padam betul. Jangan sampai ketika dinyatakan padam api malah kembali menyala,” tutur Arief, dihubungi di Solo, Kamis (29/10/2015).

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho mengatakan api telah dinyatakan padam pada Rabu (28/10/2015) sekitar pukul 17.00 WIB.

Nugroho mengatakan dari kebakaran yang berlangsung sekitar empat hari tersebut, 30 hektar lahan hutan Gunung Lawu di Petak 63 N dan 63 S, Kabupaten Karanganyar habis terbakar. Padamnya api, kata Nugroho, tidak dipengaruhi oleh turunnya hujan. 

“Hujan memang baru kemarin (Rabu, 28/10) turun. Tapi tidak sampai di Tawangmangu. Kita harapkan malam ini hujan turun lagi,” imbuhnya.

Nugroho mengungkapkan titik api muncul di Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar pada Minggu malam. Api terlihat di empat titik, yakni sekitar petak 63 belakang Pos 2 Cemoro Kandang, atas Gondosuli dan satu titik dari arah Jogorogo menuju Candi Cetho. Api diduga berasal dari rembetan kebakaran di kawasan Magetan, Jawa Timur.


(SAN)