Tangsel Siap Hadapi Pasar Bebas ASEAN

Arga sumantri    •    Kamis, 29 Oct 2015 17:09 WIB
tangerang selatan
Tangsel Siap Hadapi Pasar Bebas ASEAN
Acara Disperindag Tangsel----MTVN/Arga

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang Selatan punya sejumlah langkah guna mengantisipasi dan bersaing dalam pasar bebas ASEAN (MEA). Salah satu yang bakal jadi fokus adalah pengawasan produk yang beredar saat MEA.

Ferry Payacun, Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, menyebut, pihaknya bakal lebih memperketat produk beredar saat pasar bebas mulai diberlakukan. Pemkot, kata dia, bakal bekerja sama dengan Provinsi Banten dalam pengawasan.

"Kami akan mengawasi dan memperlakukan sama antara produk lokal dan impor. Kalau tidak memenuhi syarat, ya ditindak sesuai aturan," kata Ferry saat ditemui Metrotvnews.com di kawasan Buaran, Serpong, Tangsel, Banten, Kamis (29/10/2015).

Ferry memastikan, pihaknya bakal sering mengecek langsung produk beredar di lapangan sebagai langkah konkret pengawasan. Mulai dari pusat perbelanjaan, toko modern, hingga pasar tradisional.

Selain soal pengawasan, kata Ferry, penguatan industri kecil menengah (IKM) juga jadi target. Guna meningkatkan daya saing produk Tangsel. Ada tolok ukur yang harus dipenuhi IKM di Tangsel agar mampu bersaing. Mulai dari kualitas produk, hingga kelengkapan administrasinya.

"Seperti izin edar, halal food-nya, hak kekayaan intelektual. Kita semaksimal mungkin permudah dan fasilitasi itu," ungkap Ferry.


(TII)