Kawal Pendidikan, Wadah Publik Mengawasi Pendidikan Indonesia

Dwi Ayu Rochani    •    Kamis, 29 Oct 2015 17:58 WIB
pendidikan
Kawal Pendidikan, Wadah Publik Mengawasi Pendidikan Indonesia
kawalpendidikan.org.

Metrotvnews.com, Jakarta: Masalah pendidikan di negeri ini seakan tak pernah habis. Mulai dari buku pelajaran yang tak sesuai, masih adanya pungli hingga kekerasan di sekolah. Kini, melalui sebuah gerakan masyarakat bernama 'Kawal Pendidikan', masyarakat bisa mengawasi secara langsung persoalan yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia.

"Kawal Pendidikan ini dapat menjadi saluran bagi aspirasi dan keterlibatan publik dalam mengawal proses pendidikan Indonesia," kata Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan saat ditemui di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Nantinya, gerakan yang bisa dilihat melalui situs www.kawalpendidikan.org ini akan menjadi wadah yang memuat data mengenai profil mutu pendidikan di seluruh daerah, mulai dari persoalan tata kelola guru, kapasitas kepala sekolah dan pengawas , kurikulum, standar pelayanan minimal, capaian murid, hingga masalah-masalah aktual lainnya seperti tawuran antar pelajar.

Koordinator Kawal Pendidikan Prof. Dr. Fasli Jalal menambahkan, situs tersebut juga akan menampung harapan masyarakat di tingkat nasional dan pelosok daerah terkait pendidikan.

"Platform ini menjadi alat edukasi untuk memahami isu-isu mutu pendidikan. Kami harap gerakan ini dapat menjadi katalisator bagi berbagai pihak untuk melakukan aksi-aksi nyata yang mendorong perbaikan mutu pendidikan," terang Fasli.

Fasli Jalal juga menerangkan dengan adanya laman Kawal Pendidikan diharapkan dapat menarik sedikitnya 10.000 orang partisipan hingga akhir November 2015 ini yang merupakan bentuk nyata prinsip penyelenggaraan negara.


(LOV)

Menanti Vonis Setya Novanto

Menanti Vonis Setya Novanto

27 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto akan menjalani sidang putusan atau vonis di Pengad…

BERITA LAINNYA