Menkominfo: RI Negara Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 29 Oct 2015 18:30 WIB
indonesia-as
Menkominfo: RI Negara Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara
Menkominfo Rudiantara. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menkominfo Rudiantara menyampaikan visi Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan total valuasi USD130 miliar atau setara Rp1.756 triliun.

Hal tersebut disampaikan Rudiantara dalam paparannya kepada pelaku usaha sektor ekonomi digital. "Salah satu langkah yang akan dilakukan pemerintah adalah menumbuhkan 1.000 teknopreneur pada 2020 dengan total valuasi USD10 miliar atau sekitar Rp138 triliun," tutur Rudiantara, seperti dikutip dalam siaran pers BKPM, Kamis (29/10/2015).

Oleh karena itu, pemerintah ditugaskan Presiden Jokowi untuk meneruskan kunjungan ke Sillicon Valey dan menjajaki potensi investasi di sektor kreatif digital.

Mereka yang menyambangi Sillicon Valey di antaranya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, Rudiantara, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah membatalkan kunjungan dan pulang lebih cepat ke Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan asap pekat di beberapa wilayah.

Dalam kunjungannya di Silicon Valley, Kepala BKPM sempat bertemu dengan beberapa perusahaan website di antaranya Google, kemudian perangkat multimedia Apple, serta perusahaan-perusahaan venture capital lainnya.

Silicon Valley dikenal luas terutama ketika maraknya perusahaan dotcom  di era 1990-an. Selain itu, Silicon Valley juga dikenal dengan suasana yang mendukung inovasi dan kewirausahaan.

Banyak negara yang mencoba melakukan duplikasi terhadap Silicon Valley namun gagal dalam menciptakan suasana kondusif untuk mendukung inovasi dan kewirausahaan tersebut. Data 2013, Silicon Valley tercatat sebagai wilayah di AS yang mengeluarkan paten sebanyak 16.975 yang 40 persennya berkaitan dengan komputer.

Upaya-upaya untuk membangun kawasan seperti Silicon Valley telah dilakukan oleh negara-negara lain seperti Malaysia yang menisbatkan Cyberjaya sebagai pusat kawasan sains yang berlokasi di distrik Sepang, Selangor.


(AHL)

ICW: Vonis Novanto tak Bikin Jera

ICW: Vonis Novanto tak Bikin Jera

14 minutes Ago

Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Tama S. Langkun, hukuman Novanto tak memb…

BERITA LAINNYA