Indonesia Akan Tetap Bawa Isu Kabut Asap di KTT ASEAN

   •    Kamis, 29 Oct 2015 18:45 WIB
asap
Indonesia Akan Tetap Bawa Isu Kabut Asap di KTT ASEAN
Asap dari Indonesia yang penuhi Singapura (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang akan diadakan November mendatang, Indonesia akan banyak membawa isu untuk diselesaikan bersama. Salah satunya adalah masalah kabut asap.

"Isu kabut asap ini bukan hal yang baru dan itu sudah dibahas di KTT (ASEAN) sebelumnya. Tetapi kita akan tetap membahasnya di KTT November mendatang," menurut Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, I Gusti Agung Wesaka Puja, di Hotel J.W. Marriot, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

November nanti akan ada 10 isu penting yang akan dibawa oleh Presiden Joko Widodo di KTT ASEAN. Selain kabut asap, Indonesia juga akan membawa isu maritim untuk dibahas.

Kabut asap yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan, terus menyelimuti negara-negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia. Bahkan asap pun memenuhi negara yang jarang sekali terkena imbas asap seperti Filipina dan Thailand.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mempercepat kunjungan kenegaraannya di Amerika Serikat (AS). Jokowi pun menyerahkan agenda sisa dari kunjungan itu kepada para menterinya.

Usai pulang dari AS, Presiden Jokowi pun berkantor di Ogan Komeling Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Langkah itu diambil Jokowi buat mengawasi penanganan kabut asap dari pembakaran hutan. (Nabila Gita)
 


(FJR)