Jawaban Bank Mandiri soal Tudingan Biayai Perusahaan Pembakar Lahan

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 29 Oct 2015 19:06 WIB
bank mandirikebakaran hutan
Jawaban Bank Mandiri soal Tudingan Biayai Perusahaan Pembakar Lahan
Ilustrasi Bank Mandiri -- FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk (Persero) membenarkan tudingan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menyebutkan jika bank berpelat merah itu memberikan pinjaman dana bagi perusahaan diduga pembakar lahan.

Direktur Utama Bank Mandiri, Budi G Sadikin mengatakan, pendanaan perusahaan tersebut tidak hanya didapatkan dari Bank Mandiri. Terdapat bank asing pula yang memberikan kredit kepada perusahaan pembakar lahan tersebut.

"Memang ada satu, saya lupa namanya. Tapi itu bukan hanya Mandiri yang biayai. Mereka dibiayai banyak bank, bank asing juga ada," ujar Budi, di Plaza Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (29/10/2015).

LSM Transformasi untuk Keadilan (TuK) melansir sebanyak 25 perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia diduga aktor kebakaran hutan dan lahan. Sinar Mas dan Wilmar Group masuk dalam daftar perusahaan yang membakar lahan versi data TuK.

Adapun dari ke-25 perusahaan TuK menyebut empat bank besar memberikan pinjaman dana ke perusahaan yang diduga terlibat membakar hutan dan lahan tersebut. Satu di antaranya bank pelat merah, yaitu Bank Mandiri.


(AHL)