Pemerintah Libatkan Pengusaha dalam Pangkas 124 Perizinan Ekspor Impor

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 29 Oct 2015 20:23 WIB
paket kebijakan ekonomi
Pemerintah Libatkan Pengusaha dalam Pangkas 124 Perizinan Ekspor Impor
illustrasi. ANT/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah memangkas sebanyak 35,5 persen perizinan sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tertuang dalam paket kebijakan ekonomi tahap I.

Staf Ahli Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Arlinda Imbang Jaya membantah Kemendag tidak pernah melibatkan pengusaha dalam melakukan proses deregulasi dan debirokratisasi. Menurutnya Kemendag telah melakukan public hiring sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Kalau ada yang bilang kita tidak pernah ajak dunia usaha untuk mengkaji ini, itu bohong. Tanya ke kantor Kemenko Perekonomian apa kita telah lakukan itu?" keluh Arlinda yang juga merangkap sebagai Ketua Tim Deregulasi di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Lanjut Arlinda, pihaknya berencana mengundang para pengusaha untuk melakukan sosialisasi mengenai pemangkasan perizinan tersebut. Saat ini dari jumlah total perizinan di Kemendag yang sebanyak 169 perizinan ada 60 perizinan yang telah selesai dipangkas.

"5 November 2015, kita akan adakan semacam sosialisasi dengan 150 perwakilan dari dunia usaha terhadap berbagai macam permendag yang sudah kita keluarkan," tutupnya.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah menginginkan suatu proses perizinan yang sederhana berkaitan dengan kementerian teknis. 

Sebanyak 18-20 Kementerian lain yang termasuk dalam paket debirokratisasi dan deregulasi yang 124 diantara mengatur mengenai perizinan mengenai ekspor dan impor.


(SAW)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA