Tech and Life

FlowerAdvisor, Perindah Selebrasi dengan Mudah dan Cepat

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 30 Oct 2015 10:03 WIB
tech and life
FlowerAdvisor, Perindah Selebrasi dengan Mudah dan Cepat
FlowerAdvisor ingin hadir sebagai jembatan antara teman dan pasangan dengan memanfaatkan bunga dan hadiah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bunga memiliki pasar tersendiri di kalangan pecintanya. Beberapa acara bahkan tidak pernah lepas dari sentuhan bunga, seperi pernikahan ataupun acara peresmian suatu tempat. Keindahan bunga pun juga menjadi salah satu pilihan pelengkap dan pemanis untuk acara personal.

Keindahan bunga dengan pasar tersendiri inilah yang dilirik oleh salah satu pendiri e-commerce FlowerAdvisor, Willy Thomas. FlowerAdvisor berawal dari jasa pengiriman bunga skala internasional yang bertujuan menjembatani jarak antara teman dan pasangan dengan memanfaatkan bunga dan hadiah.



Berdiri sejak tahun 2008 di Singapura, FlowerAdvisor menawarkan jasa pengantaran di 110 negara. Willy menjelaskan, pada tahun 2011, FlowerAdvisor mengalami perubahan kepengurusan, setelah berganti kepemilikan dan diambil alih oleh usahawan asal Indonesia.

Bunga menjadi pilihan produk yang difokuskan FlowerAdvisor karena potensi bunga dan hadiah dinilai FlowerAdvisor sangat besar. Peristiwa yang patut dirayakan, seperti ulang tahun, pernikahan, kelahiran, bahkan hari jadi untuk pasangan terus terjadi setiap harinya, juga dinilai sebagai pendorong kemunculan kebutuhan akan rangkaian bunga sebagai hadiah dan bagian dari selebrasi.



“Kami juga sudah melihat tren dimana orang Indonesia mulai menggunakan bunga untuk mengungkapkan rasa mereka seperti budaya barat, yang semakin ke sini, rangakaian bunga kebih dibutuhkan sebagai ucapan karena priceless.”

Menilik dari namanya, sebagian besar masyarakat mungkin mengira marketplace ini hanya berkecimpung di bidang yang terkait dengan bunga. Willy menjelaskan kepada kami, situs ini tidak hanya menjual dan mengirimkan bunga, juga mulai merambah produk lain yang masih bertemakan perayaan, seperti kue ulang tahun, parcel bayi, parcel buah, serta parcel musiman seperti lebaran, natal dan imlek.

Menawarkan jasa pengiriman ke 100 negara mungkin bukan perkara mudah untuk pelaku industri e-commerce. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, FlowerAdvisor menyebut telah menjalin kerjasama dengan toko bunga di seluruh dunia, di lebih dari 100 negara.

“Dan dari produk, kami menyediakan desain rangkaian sesuai standar kualifikasi kami, dimana toko bunga rekanan kami harus mengikutinya.”

Memilih bergerak di bidang e-commerce, tidak lantas menjadikan FlowerAdvisor tampil serupa usaha sejenis. Willy menjelaskan, ada faktor yang dapat membedakannya dari pesaing, yaitu semua produk yang dikirim dari situs ini merupakan produk dengan desain terbaru dan menggunakan mereknya sendiri, meski telah bekerja sama dengan toko bunga lainnya.

Perbedaan lain yang coba ditonjolkan oleh FlowerAdvisor adalah kemampuan mengirimkan bunga hingga diterima oleh pemesan dalam waktu beberapa jam dan di hari yang sama.

Tidak hanya berkeinginan menjadi bagian dari acara selebrasi dan kebahagiaan penggunanya, FlowerAdvisor juga ingin pengguna menjadi bagian dari perjalanan situsnya, dengan memungkinkan pengguna mendaftar di situs ini.



FlowerAdvisor mengaku siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna, khususnya untuk pengguna yang telah menjadi anggota di situsnya tersebut, dengan menghadirkan fitur eksklusif, yaitu layanan customer service selama 24 jam, yang dapat dihubungi kapanpun dan dimanapun.

“Kami juga memberikan kemudahan kepada customer yang memiliki budget atau desain khusus tetap dapat kami layani dengan metode customized order.”

FlowerAdvisor ingin menghadirkan kemudahan untuk penggunanya, yang juga diwujudkan melalui metode pembelian. Willy menyebut pemesan dapat memesan bunga secara online, baik melalui situs, email, maupun ponsel mereka.

Saat ditanya soal harapan untuk usahanya, Willy menyatakan ingin membawa nama FlowerAdvisor ke penjuru Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, FlowerAdvisor menargetkan dapat merangkul lebih banyak pelanggan korporasi, yang dinilai kerap kali mengirimkan rangkaian bunga dengan dimensi besar, berbentuk bunga papan sebagai hadiah peresmian kantor, pernikahan maupun ungkapan duka cita.



Pria yang pernah bersekolah salah satu universitas di Australia ini juga menyebut ingin menjadikan FlowerAdvisor pillihan utama layanan jasa pengiriman bunga dan hadiah untuk pelanggan, tanpa mengkhawatirkan lokasi dan jarak yang menjadi tujuan pelanggan.

Harapan ini juga selaras dengan visi yang dimiliki FlowerAdvisor, yang ingin menjadi pioneer dan pemimpin jaringan florist internasional, baik di kancah lokal maupun global.


(MMI)