Jet Tempur AS Halau Pesawat Pengebom Rusia di Laut Jepang

Fajar Nugraha    •    Jumat, 30 Oct 2015 10:56 WIB
as-rusia
Jet Tempur AS Halau Pesawat Pengebom Rusia di Laut Jepang
Pesawat pengebom Rusia (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Jet tempur Amerika Serikat (AS) berhasil memotong jalur pesawat pengebom milik Rusia yang terbang di atas Laut Jepang.

Pesawat AS itu dikerahkan dari kapal induk USS Ronald Reagen, yang kebetulan tengah melakukan latihan perang di Laut Jepang. Pesawat pengebom Rusia itu dikabarkan terbang rendah tetapi melakukan misi aman.

"Dua pesawat 'Bear' milik Rusia mendekat dan terbang rendah, sekitar 500 kaki," ujar pihak militer AS, seperti dikutip Guardian, Jumat (30/10/2015).

Pesawat itu diketahui berjenis TU-145, yang selama ini dikenal sebagai pesawat pengebom dengan kemampuan tempuh jarak jauh. Pesawat yang juga anti kapal selam ini, merupakan varian dari pesawat pengebom strategis TU-95 Bear.

Insiden yang tidak lazim ini, disebut pihak Pentagon sebagai kejadian aman. "Tidak ada tanda yang mengindikasikan bahwa mereka melakukan ancaman langsung," tutur Juru Bicara Pentagon Kapten Jeff Davis.

Angkatan Laut AS melakukan kerja sama dengan kapal Korea Selatan (Korsel) di perairan internasional, ketika insiden itu berlangsung.

Sementara Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest menilai insiden ini bisa menimbulkan kekhawatiran dari AS, mengingat peristiwa serupa pernah terjadi. Ini termasuk peristiwa masuknya pesawat pengebom Rusia di wilayah udara Turki.


(FJR)