Indonesia-Malaysia Gelar Pertemuan Bahas CPO

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 30 Oct 2015 11:47 WIB
cpokemenko maritim ads
Indonesia-Malaysia Gelar Pertemuan Bahas CPO
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli (tengah) (MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengungkapkan, pertemuan yang dilakukan antara Direktur Jenderal (Dirjen) dan level setingkatnya dari Indonesia dan Malaysia merupakan pertemuan technical team untuk membahas kesepakatan pembentukan dewan untuk negara-negara produsen Crude Palm Oil (CPO).

Pertemuan ini juga merupakan lanjutan dari kesepakatan yang dicapai oleh kedua negara setelah sebelumnya Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak bertemu di Istana Bogor beberapa waktu lalu.

"Esensinya kita mau merumuskan lagi secara lebih detail berbagai aspek dari council of crude palm oil producen atau dewan untuk negara produsen palm oil," kata Rizal, di Hotel Grand Hyatt, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (30/10/2015).

Selain membahas mengenai pembentukan dewan negara produsen minyak kelapa sawit, Rizal menjelaskan, jika pertemuan para delegasi juga untuk merumuskan standarisasi produk CPO yang akan diterapkan di kedua negara.

"Kedua yang penting kita dalam proeses membahas supaya terjadi harmonisasi dari standar CPO Malaysia dan Indonesia karena kita akan merumuskan satu standar global yang pro terhadap lingkungan, pro terhadap sustainibility tapi juga pro terhadap petani kecil di Indonesia maupun Malaysia," terang dia.

Dirinya menambahkan, kedua negara juga akan bekerja sama untuk membangun green economic zone atau kawasan industri khusus yang akan memproduksi produk yang bersahabat terhadap lingkungan.

"Ketiga kita dalam proses merumuskan langkah dalam bentuk green economic zone yang pertama di dunia, yaitu kawasan industri khusus untuk proses produk green yang bersahabat terhadap lingkungan," pungkasnya.


(ABD)