Tips Motor

Waspada Komstir Aus, Handling Motor Kurang Nyaman

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 02 Nov 2015 09:53 WIB
tips motor
Waspada Komstir Aus, <i>Handling</i> Motor Kurang Nyaman
Komstir aus akibat pemakaian dan kondisi jalan yang dilalui. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Komstir termasuk salah satu komponen sepeda motor yang jarang rusak. Fungsi komstir sendiri sebagai titik tumpu suspensi depan yang terhubung dengan setang. Namun bagian ini sangat berperan dalam kenyamanan berkendara. Kalau bermasalah seperti aus, handling sepeda motor jadi kurang nyaman pastinya.

"Saat ngerem juga tidak enak, ada jeda dengan bunyi klok,klok,klok gitu, apalagi saat melewati speed trap," buka Heri Prasetyawan, dari bengkel Jaw's Speed.

Penyebab ausnya komstir umumnya karena usia pakai, kondisi jalan yang sering dilalui serta perilaku berkendara. "Kalau kondisi ini dibiarkan, bisa-bisa rumah komstir akan ikut aus," sambung pebengkel diwilayah Depok ini.

Selain komstir yang aus, mur pengikat komstir kendur juga bisa jadi penyebabnya. Cara memperbaikinya dengan memutar mur yang bawah, setelah mengendurkan dulu mur bagian atasnya.

Pengencangan mur komstir juga jangan terlalu kencang yang berakibat setang jadi kaku susah berbelok. Cukup kencangkan saja, pastikan gerak setang bebas dan tanpa ada jeda saat motor direm.


(UDA)