Gali Terowongan, Korut Diduga Persiapkan Uji Coba Nuklir

Fajar Nugraha    •    Jumat, 30 Oct 2015 11:52 WIB
korea utara
Gali Terowongan, Korut Diduga Persiapkan Uji Coba Nuklir
Latihan militer yang dilakukan Korut (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Utara (Korut) dikabarkan menggali terowongan baru di lokasi uji coba nuklir. Diperkirakan Korut akan melakukan uji coba nuklir baru.

Lokasi tersebut berada di wilayah pesisir timur di mana berlangsung tiga uji coba sebelumnya. Dari pemindaian terbaru, tampak adanya kegiatan aktif dari para pekerja dan kendaraan yang bekerja di terowongan itu.

"Faktanya bahwa mereka melakukan konstruksi dari terowongan baru dan mengindikasikan akan melakukan uji coba nuklir dalam waktu dekat," ujar pihak sumber dari Korea Selatan (Korsel), seperti dikutip Reuters, Jumat (30/10/2015).

Menteri Unifikasi Korsel Jeong Joon-Hee menolak mengonfirmasi laporan tersebut. Namun Jeong menegaskan pihaknya bersama AS tengah mengawasi aktivitas nuklir Korut saat ini.

Laporan itu datang di saat akan berlangsungnya pertemuan antara pemimpin Korsel, Jepang dan Tiongkok pada Minggu (1/11/2015). Pertemuan itu akan membahas upaya Korut mengembangkan senjata pemusnah massal.

Korut terus menerus mengembangkan program nuklirnya. Tetapi tes nuklir keempat dianggap tidak  akan terjadi dalam waktu dekat.

Negara Komunis itu sebelumnya melakukan tiga uji coba nuklir, yang terakhir pada 2013. Uji coba itu memicu kecaman dari Tiongkok dan tengah dalam sanksi PBB.


(FJR)

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

29 minutes Ago

Golkar akan menerapkakan aturan partai terhadap kader yang dianggap melanggar aturan dan indisi…

BERITA LAINNYA