Setahun di KKP, Menteri Susi Tenggelamkan 101 Kapal Asing

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 30 Oct 2015 14:25 WIB
kelautan dan perikanan
Setahun di KKP, Menteri Susi Tenggelamkan 101 Kapal Asing
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Satu tahun menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti tercatat sudah menenggelamkan sebanyak 101 kapal asing yang berlayar tanpa izin di wilayah perairan Indonesia. Tidak ditampik akan ada kapal-kapal lain yang siap ditenggelamkan bila memang melanggar aturan.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Asep Burhanuddin mengatakan kapal-kapal tersebut kebanyakan berasal dari negara tetangga. Dari data yang dimiliki, disebutkan kapal dari Filipina paling sering ditenggelamkan sebanyak 34 kapal.

"Malaysia enam kapal, Tiongkok satu kapal, Thailand 21 kapal, Vietnam 33 kapal, Papua Nugini dua kapal," ujar Asep Burhanuddin, ketika memaparkan kinerja satu tahun KKP, di Gedung Mina Bahari III, Jakarta Pusat, Jumat (30/10/2015).

Menurut Asep, jumlah tersebut masih akan bertambah lagi. Saat ini ada sebanyak enam kapal asing yang akan siap ditenggelamkan di Batam. "Sebanyak enam kapal akan ditenggelamkan pada Sabtu ini di Batam. Kapal-kapal tersebut berasal dari negara tetangga," jelasnya.

Dalam hal ini, Asep meminta agar upaya proses penenggelaman kapal terkait penegakan hukum terhadap illegal fishing dalam rapat kabinet bisa semakin tegas. Tidak hanya itu, dirinya juga meminta agar kapal-kapal pengawas milik KKP dilengkapi dengan senjata untuk menenggelamkan kapal-kapal maling ikan.

"Mohon agar kapal PSDKP dilengkapi dengan senjata untuk menenggelamkan kapal. Mohon hal tersebut dibicarakan di rapat kabinet," pungkasnya.


(ABD)