BNPB: 2 Juta Hektare Hutan dan Lahan yang Terbakar di Indonesia

Antara    •    Jumat, 30 Oct 2015 15:33 WIB
asap
BNPB: 2 Juta Hektare Hutan dan Lahan yang Terbakar di Indonesia
Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Widodo S Jusuf/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan total hutan dan lahan yang terbakar serta dibakar seluas 2 juta hektare. Angka itu bisa terus meningkat. 

"Perkiraan kami bisa lebih lagi, karena pendataan masih terus berjalan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat (30/10/2015), seperti dilansir Antara.

Menurutnya, masih ada titik kebakaran hutan dan lahan yang belum padam sehingga belum terdata. Sutopo menjelaskan, hutan dan lahan yang terbakar di antaranya adalah lahan milik masyarakat, korporasi hingga kawasan konservasi, taman nasional, dan lainnya.

Dia juga menambahkan, sebaran titik api atau hotspot hingga Oktober 2015, yaitu 32 persen berada di kawasan hutan nonkonsesi. "Sementara itu, 20 persen HTI, 20 persen sawit, 23 persen area penggunaan lain, dan lima persen lain-lain," katanya.

Berdasarkan data Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) diketahui kebakaran hutan dan lahan terbesar berada di wilayah Sumatera. Wilayah Sumatera yang terbakar, menurut LAPAN, sekitar 832.999 hektare. Sementara di Kalimantan, hutan dan lahan yang terbakar sekitar 806.817 hektare.

Di wilayah Papua, jumlah lahan yang terbakar sekitar 353.191 hektare. Pemerintah, kata dia, hingga kini terus berupaya mengatasi asap pekat di Sumatera dan Kalimantan.

Sejumlah rumah singgah, kata dia, juga telah didirikan sebagai lokasi evakuasi bagi warga yang terpapar kabut asap.


(KRI)