BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi 4,85% di Kuartal III-2015

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 30 Oct 2015 15:55 WIB
pertumbuhan ekonomi
BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi 4,85% di Kuartal III-2015
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai menunjukkan perbaikan. Hal ini terlihat dari perkiraan pertumbuhan ekonomi yang mampu mencapai level 4,85 persen di kuartal III-2015. 

"Ini merupakan satu turning point karena di kuartal I-2015 (pertumbuhan ekonomi) 4,7 persen dan di kuartal II-2015 (pertumbuhan ekonomi) 4,67 persen. Kalau misal sekarang bisa 4,85 persen itu bisa menunjukkan kondisi bukannya turun tapi meningkat," ujar Agus, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (30/10/2015).

Dirinya menambahkan, perbaikan pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2015 ditopang oleh sektor investasi dan pengeluaran pemerintah. Sementara sektor swasta dinilai masih belum menunjukkan perbaikan yang mumpuni.

"Kita tahu saat di kuartal III-2015 itu peran dari pada investasi dan pengeluaran pemerintah itu sudah terlihat, tapi kondisi swasta masih dalam taraf yang belum berarti," jelas dia.

Untuk itu, Agus berharap jika pada kuartal IV-2015 sektor investasi dan swasta semakin memberikan performa yang lebih baik. Walau di sisi lain kondisi kabut asap yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia memberikan dampak negatif.

"Kalau di kuartal IV-2015 ini bisa dilakukan investasi dan juga peran dari pada swasta lebih besar tentu kita harapkan kuartal IV-2015 jadi kondisi yang baik. Tentu kita prihatin dengan adanya musibah asap dan ini tentu akan bisa berdampak pada ekonomi kita," pungkasnya.


(ABD)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

2 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA