Jangan Khawatir, Uang Sobek & Terbakar Bisa Ditukar

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 30 Oct 2015 16:16 WIB
uang
Jangan Khawatir, Uang Sobek & Terbakar Bisa Ditukar
Petugas menerawang mata uang rupiah pecahan Rp100.000 di tempat penukaran mata uang asing di Jakarta, Jumat (16/10). Foto: Antara/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Cirebon: Jika Anda punya uang dalam keadaan sobek, jangan dulu dibuang. Karena uang tersebut bisa ditukarkan melalui Bank Indonesia (BI). Selain uang sobek, uang yang sudah tidak berlaku juga masih bisa ditukarkan dengan uang yang berlaku saat ini. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, M. Abdul Majid Ikram, menjelaskan uang sobek yang masih bisa ditukar di BI adalah yang kerusakannya hanya 2/3 dari keseluruhan bentuk uang. "Kalau hanya sobek (hilang) 2/3 dari bentuk uang, maka masih bisa ditukarkan," ujar Majid, Jumat (30/10/2015).

Sedangkan untuk uang yang sudah tidak berlaku, BI masih bisa menerima penukaran jika tak lebih dari 10 tahun. "Maksimal 10 tahun dari mulai tidak berlakunya uang tersebut," kata dia.

Bahkan, Bank Indonesia juga mengganti uang yang rusak karena terbakar. Namun, untuk mendapatkan ganti uang dengan kasus ini, pemilik harus menempuh proses panjang hingga tiga bulan. Ini karena alat untuk meneliti keaslian uang tersebut hanya ada di Jakarta sehingga tidak bisa langsung dieksekusi di wilayah.

"Kalau yang cuma sobek 2/3 itu bisa diganti langsung, tapi kalau yang terbakar membutuhkan waktu lama," kata Majid.


(UWA)