2016, UMK Sleman di Atas Rp1,32 Juta

Patricia Vicka    •    Jumat, 30 Oct 2015 18:53 WIB
buruhupah
2016, UMK Sleman di Atas Rp1,32 Juta
Ilustrasi. Foto: Antara/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Sleman telah menentukan besaran usulan Upah Minumum Kabupaten (UMK) 2016. Tahun depan UMK diusulkan di atas rata-rata survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dari Januari hingga Oktober 2015.

"KHL Sleman rata-rata Rp1,32 juta. Itu adalah hasil survei yang dilakukan bersama antara pengusaha buruh dan pemerintah. Usulan kita di atasnya (KHL)," ujar Kepala Dinas Tenaga kerja dan sosial (Disnakersos) Untoro Budiharjo di kantor Pemkab Sleman, Jumat (30/10/2015).

Rencana UMK tersebut telah disampaikan ke Pemerintah Daerah DIY untuk ditetapkan angka pastinya oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

"Masih akan dikaji lagi oleh Biro Hukum Pemda. Mereka masih menentukan UMP dulu, baru UMK," jelas ketua Dewan Pengupahan Sleman ini.

Namun, Untoro tidak mau menyebutkan angka pasti besaran usulan UMK terbaru. "Nanti saja diumumkan langsung oleh Gubernur. Yang jelas kita pakai acuan formula baru yang dikeluarkan Presiden Jokowi," jelasnya.

Dengan acuan formula tersebut maka perhitungan UMK Sleman 2016 adalah UMK 2015 ditambah persentase inflasi (11,5 persen) dan pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Sosial, Sleman, UMK Sleman pada 2015 adalah Rp1,2 juta.


(UWA)

KPK Kembali Periksa Setya Novanto

KPK Kembali Periksa Setya Novanto

7 minutes Ago

Novanto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana…

BERITA LAINNYA