Rio Tuding Kaligis Jadi Otak di Balik Kasus Suap

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 30 Oct 2015 19:48 WIB
gratifikasi bansos sumut
Rio Tuding Kaligis Jadi Otak di Balik Kasus Suap
Patrice Rio Capella saat diperiksa KPK-----Ant/Alfian

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengacara mantan anggota DPR Patrice Rio Capella, Musfani, menuding advokat Otto Cornelis Kaligis menjadi otak di balik kasus suap yang menjerat kliennya. Fransisca Insani Rahesti, anak buah Kaligis, menjadi pihak yang mengalirkan uang suap dari istri Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti, ke Rio.

"Sentralnya ini saya kira pak OC ya diduganya. Lihatlah nanti Pak OC ke mana," kata Musfani di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (30/10/2015).

Menurut dia, misteri kasus suap sebesar Rp200 juta ini bisa dijawab baik oleh Kaligis, maupun Fransisca alias Sisca. Sampai saat ini, belum diketahui secara terang siapa yang berperan aktif dalam kasus ini.

"Ini bolak-balik cerita soal kenanya Rio ini di Fransisca ini. Kata Fransisca, Rio mau ketemu Evy. Kata Fransisca ke Evy, Rio mau ketemu dengan Evy. Kata Fransisca ke Rio, Evy mau ketemu dengan Rio," jelas dia.

Patrice Rio terjerat dalam kasus dugaan suap penanganan perkara dugaan korupsi dana bantuan sosial Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Dia sudah ditahan sejak 23 Oktober.

Dalam kasus ini, lembaga antikorupsi juga menjerat Gatot Pujo dan Evy sebagai tersangka. Rio Capella diduga menerima hadiah atau janji sebesar Rp200 juta dari Gatot serta Evy.

Rio Capella disangka melanggar Pasal 12 huruf a, huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara, Gatot Pujo dan Evy disangka melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a, huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA