Pansus Bekerja Setelah Kabut Asap Tidak Ada

Anggitondi Martaon    •    Jumat, 30 Oct 2015 19:59 WIB
asapdpr ads
Pansus Bekerja Setelah Kabut Asap Tidak Ada
Anggota Fraksi PKB Daniel Johan (kiri). Foto: MI/Rommy Pujianto.

Metrotvnews.com, Jakarta: ‎Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Asap. Alasannya, Pansus Asap tidak hanya bekerja saat kebakaran hutan dan kabut asap terjadi, tapi mencegah terjadi asap. 

"Pansus bekerja bukan untuk mematikan asap, tetapi bagaimana melakukan penjagaan untuk berikutnya," kata anggota Fraksi PKB Daniel Johan disela-sela Rapat Paripurna di gedung DPR RI Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Daniel mengungkapkan, setelah terbentuk ada beberapa hal yang akan dilakukan Pansus asap. Tujuan utama tentu untuk membantu pemerintah menanggulangi bencana kebakaran hutan dan asap. Lalu, mengawal proses hukum bagi pihak yang terlibat pembakaran hutan.

"Pertama, kita ingin memastikan pelaku pembakaran ditindak secara tegas secara hukum, tidak diloloskan," kata Wakil Sekjen DPP PKB itu.

Kedua, mengevaluasi bencana kebakaran hutan yang terjadi 10 tahun terakhir. ‎"Pansus itu tujuannya untuk mengevaluasi 10 tahun terakhir ini kenapa selalu berulang dan kenapa kejadian begitu parah, baik dari konteks undang-undang, baik dari konteks peraturanya maupun dari konteks di lapangan," kata Daniel.

Hasil kerja Pansus berupa rekomendasi seperti usulan untuk merevisi Undang-Undang‎ Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lingkungan Hidup yang membolehkan pembakaran lahan‎. 

"Tetapi ada beberapa varian dan masukan semua itu dihapus agar tidak rancu. Ada juga sebagian masukan hanya boleh masyarakat adat," kata Daniel. 


(DOR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA